Advertisement

iklan

Trading Sampai Hutang, Apa Mungkin?

Pemula

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

01 Jul 2019

Pernah dengar kalau main trading bisa sampe hutang itu gimana ceritanya ya?

04 Jul 2019

@ henny:

Memang ada cerita trader yang berhutang untuk trading, tetapi itu sepenuhnya tergantung dari si trader itu sendiri. Tetapi kejadianngutang untuk trading itu jarang terjadi.

Trader biasanya ngutang karena termotivasi oleh harapan akan memperoleh keuntungan yang super besar ketika akan memulai trading, atau untuk injek (tambah modal) ketika mengalami margin call (MC), dengan harapan yang sama, yaitu akan mendapatkan keuntungan yang super besar setelah modal ditambah.

Tetapi cara ngutang untuk trading itu bukan cara trading yang sehat. Sebagian besar trader menyarankan untuk trading mandiri, apapun yang terjadi. Ngutang untuk trading itu akan berat membayarnya kalau sampai hasil tradingnya mengalami kerugian, karena bagaimanapun trading kan tidak pasti akan profit besar.

08 Jul 2019

Merespon pernyataan Bung Fandy,    

Saya setuju dengan pernyataan Anda. Perihal menggunakan dana hutang untuk keperluan trading sebenarnya tergantung dari keahlian bertrading dan keahlian memanage resiko. Jika trader sudah mempunyai skill analisa dengan tingkat akurasi keberhasilan yang tinggi dan diiringi dengan money management yang memadai, maka tidak ada salahnya menggunakan dana dari pinjaman (hutang) untuk memperbesar modal dan memaksimalkan keuntungan.

Namun, jika keahlian bertrading masih belum mantap, bertrading dengan menggunakan dana dari hasil pinjaman sangatlah tidak dianjurkan. Mengingat resiko yang sangat besar dan fluktuasi harga yang tak tentu, maka kerugian bisa terjadi kapan saja. Jika kerugian datang sebagai akibat dari salah mengambil keputusan, tentu akan mempunyai dampak tekanan (baik dari tekanan finansial maupun psikologi) yang sangat serius. Sudahlah uang untuk modal trading habis, ditambah lagi harus memikirkan bagaimana mengembalikan dana pinjaman yang diambil sebelumnya.

Oleh karena itu, umumnya trader lebih memilih menggunakan dana pribadi untuk bertrading ketimbang harus menggunakan (apalagi harus dipaksakan) dana dari hasil pinjaman/hutang. Bahkan trader professional pun menyarankan untuk bertrading menggunakan dana yang tak terpakai. Sehingga, jika hal buruk terjadi (dalam hal ini modal habis ludes tak tersisa), maka Anda akan terhindar dari tekanan finansial maupun psikologi tersebut.

Saran kami untuk semua trader yang ada, bijaklah dalam menggunakan dana yang dimiliki, pisahkan yang mana dana untuk bertrading dan yang mana untuk keperluan sehari-hari.

Kategori Pemula

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Pemula ingin gabung forex? Rozi 18 1509 08 Apr 2016
Apa Hubungan Stop Out Dan Margin Call? Fajar Hendrick B 16 11224 21 Apr 2015
Darimana Asal Keuntungan Trader? Jumardi 16 4972 14 Agu 2016
Beda Akun Cent Dan Micro? Rendi Supratman 15 30486 15 Apr 2015
Apa itu Balance, Equity, Dan Margin? Widodo Hendriono 13 57230 27 Mar 2015
Bank Statement Yang Diminta Broker Itu Seperti Apa? Mahmud 12 20222 12 Jun 2015