Pelacak Pola Candle

  By: Parmadita   View: 17897    Bank Indikator  

Salah satu kesulitan terbesar bagi trader yang ingin mencoba teknik price action adalah membaca pola candlestick itu sendiri. Sedang membentuk formasi apakah harga sekarang? atau kapan pola ini akan muncul? adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering menghinggapi pengamatan para pemula.

Masalah seperti itu sebenarnya mampu diatasi oleh bantuan custom indicator yang akan kita bahas di sini. Disebut sebagai pelacak pola candle, indikator ini mampu mendeteksi kapan pola Doji terbentuk, kapan pola Shooting Star muncul, serta indikasi apa yang disinyalkan oleh pola-pola tersebut.

Jadi bisa dikatakan, pelacak pola candle merupakan indikator all in one bagi trader price action. Mulai dari nama pola candle yang muncul hingga petunjuk arah harga berikutnya, indikator ini bisa menampilkannya dalam satu chart.


Deskripsi Indikator

Pelacak pola candle terdiri dari beberapa unsur, di antaranya adalah:

Pelacak Pola Candle

1. Tanda kuning yang menyerupai telunjuk kecil. Kemunculan tanda kuning ini selalu berada di posisi pola candle tertentu.

2. Tulisan berwana merah dan biru. Muncul bertepatan dengan tanda kuning, tulisan ini merupakan inisial dari pola candle yang terbentuk. Warna merah mewakili pola candle bearish, sedangkan warna biru mencerminkan terbentuknya formasi bullish.

3. Keterangan di pojok kiri chart. Bagian ini menjelaskan setiap inisial yang muncul sebagai tulisan berwarna biru atau merah di sekitar harga. Tidak hanya mendeskripsikan inisial dari sinyal pelacak pola candle, bagian khusus ini juga membagi inisial berdasarkan sinyal bullish dan bearish. Pada dasarnya, formasi-formasi yang bisa dikenali oleh pelacak pola candle terdiri dari Shooting Star, Engulfing, Hammer, formasi 3 candle Morning dan Evening Star, serta Piercing Line Pattern.


Cara Memasang Indikator Pelacak Pola Candle

  1. Download indikator pelacak pola candle di sini.
  2. Buka MT4
  3. Buka menu "File", kemudian pilih "Open Data Folder".
  4. Setelah diarahkan ke terminal MetaQuotes, cari dulu folder tempat Anda menyimpan file indikator yang telah di-download.
  5. Kemudian, copy file indikator dan kembali ke terminal MetaQuotes.
  6. Buka folder "MQL4", lalu masuk ke "Indicators".
  7. Paste file indikator dalam folder tersebut.
  8. Tutup terminal MetaQuotes dan MT4.
  9. Buka kembali MT4.
  10. Pada bagian "Navigator" di sebelah kiri chart, buka menu "Indicators".
  11. Cari indikator pelacak pola candle, lalu drag & drop indikator tersebut di chart.
  12. Pada kotak dialog yang muncul, centang bagian "Allow DLL Imports", kemudian klik "OK".
  13. Indikator pelacak pola candle sudah tampil di chart dan siap digunakan.


Sinyal Trading Yang Dihasilkan

Sinyal indikator ini memiliki karakteristik yang menggolongkannya sebagai Lagging Indicator. Pelacak pola candle membaca candlestick yang terbentuk, kemudian baru memberikan informasi mengenai nama candle tersebut. Jadi, tanda kuning dan tulisan inisial berwana warna biru atau merah sebagai penunjuk arah pergerakan harga berikutnya tidak akan muncul sebelum pola harga terkonfirmasi.

Pelacak pola candle menunjukkan sinyal bullish jika:

  • Muncul tanda kuning yang menunjuk ke arah atas.
  • Terdapat tulisan berwarna biru (inisial untuk pola candle bullish) yang muncul di bawah harga.

Pelacak pola candle menunjukkan sinyal bearish jika:

  • Muncul tanda kuning yang menunjuk ke bawah.
  • Tulisan merah berupa inisial untuk pola candle bearish tampil di atas harga.

Kesimpulan Dan Saran

Indikator pelacak pola candle memiliki beragam komponen yang didesain khusus untuk memudahkan trader price action dalam mengenali kemunculan formasi penting dan mengartikan sinyalnya. Namun demikian, penggunaan indikator atau metode analisa teknikal lain sebagai pelengkap sangat disarankan, karena pelacak pola candle hanyalah indikator lagging yang menginformasikan perkiraan arah harga berikutnya, berdasarkan formasi harga yang sudah terbentuk. Jadi sebaiknya, gunakan pelacak pola candle sebagai salah satu konfirmator untuk open posisi, bukan satu-satunya dasar untuk melakukan open posisi.

 

Pelacak pola candle bukanlah satu-satunya indikator pembantu analisa price action. Jika lebih berfokus pada formasi pin bar dan inside bar, indikator price action berikut bisa menunjukkan solusi yang dapat diandalkan.





SHARE:

SHARE:

 
Komentar: 4