Menu

24 April 2015 : Indeks IFO Jerman Dan Durable Goods Orders AS

Martin

Peristiwa berdampak tinggi hari ini adalah Eurogroup meetings dan pidato gubernur BoC. Indeks IFO Business Climate Jerman April - diperkirakan108.5. Durable Goods Orders (total) AS Maret - diperkirakan +0.7%, DGO inti +0.2%. Indeks NBB Business Climate kawasan Euro April - diperkirakan -5.8.

Jum’at, 24 April 2015 :
Eurogroup meetings
(Berdampak medium-tinggi pada EUR)
Eurogroup terdiri atas 19 negara dalam kawasan Euro yang menggunakan mata uang Euro. Tugas utama Eurogroup adalah mengkoordinasikan kebijakan ekonomi masing-masing negara anggota untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi kawasan. Eurogroup meetings kali ini diadakan di Riga dan dihadiri oleh menteri keuangan masing-masing negara anggota serta presiden European Central Bank (ECB). Penyelesaian masalah hutang Yunani diperkirakan akan menjadi agenda utama dalam meeting.

Jam 15:00 WIB
: indeks IFO Business Climate Jerman bulan April 2015 (Berdampak tinggi pada EUR)
Indikator ini dirilis oleh IFO atau Information and Forschung, lembaga riset ekonomi di Munich dan merupakan think-tanks terbesar dan terpenting bagi perekonomian Jerman khususnya dan kawasan Eropa pada umumnya. Indeks dibuat dengan melakukan survey pada sekitar 7000 perusahaan dan pelaku bisnis di Jerman mengenai pendapat mereka tentang kondisi perekonomian saat ini (assessment of business situation) dan perkiraan untuk 6 bulan kedepan (business expectations). Indeks sentimen bisnis IFO ini merupakan indikator awal bagi pengeluaran untuk investasi baru atau ekspansi dan perekrutan tenaga kerja sehingga akan berdampak pada pertumbuhan. Indeks ini menggunakan angka 100 sebagai patokan. Angka rilis dibawah 100 berarti sentimen negatif dan diatas 100 sentimen positif.



Bulan Maret lalu indeks kepercayaan bisnis Jerman kembali naik ke angka 107.9, lebih tinggi dari perkiraan 107.4 dan yang tertinggi sejak bulan Juli 2014. Hal ini seiring dengan optimisme terhadap kondisi bisnis saat ini yang menunjukkan ekspansi akibat program stimulus ECB, dan naiknya pertumbuhan ekonomi Jerman akibat rendahnya harga energi dan mata uang Euro yang cenderung melemah. Untuk bulan April 2015 indeks IFO Jerman diperkirakan akan kembali naik ke angka 108.5. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan EUR menguat.

Jam 19:30 WIB
: data Durable Goods Orders AS bulan Maret 2015 (Berdampak tinggi pada USD)
Meningkatnya order durable goods atau produk-produk tahan lama mencerminkan optimisme konsumen dalam investasi. Termasuk jenis ini adalah komputer, televisi, mobil hingga pesawat terbang. Penjualan barang-barang tersebut akan sangat berpengaruh pada produksi dan output, dan sangat sensitif terhadap perubahan kondisi ekonomi. Ada 2 rilis yaitu order Durable Goods inti (Core Durable Goods) yang tidak memasukkan produk sarana transportasi dan order Durable Goods total. Data DGO yang meningkat menunjukkan kepercayaan pasar pada trend pertumbuhan sektor manufaktur di AS. Indikator ini dinyatakan dalam persentasi perubahan jumlah order dibandingkan bulan sebelumnya.



Bulan Pebruari lalu DGO inti turun 0.6% (atau -0.6%) dibandingkan Januari yang stagnan (0.0%), data ini adalah revisi dari data sebelumnya yang turun 0.4%, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 0.3%. Sementara DGO total bulan Pebruari turun 1.1% (revisi dari data sebelumnya yang turun 1.4%), lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 0.3%. Penurunan tersebut disebabkan oleh merosotnya order bulan Pebruari (new orders) dan turunnya jumlah produk yang dikirim (delivery), sementara persediaan barang (inventory) durable goods meningkat 0.3%. Untuk bulan Maret 2015 diperkirakan DGO inti akan kembali naik 0.2% dan DGO total akan naik 0.7%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 20:00 WIB
: indeks NBB Business Climate kawasan Euro bulan April 2015 (Berdampak medium pada EUR)
Indikator ini merupakan indeks kepercayaan bisnis yang dibuat oleh National Bank of Belgium (Belgia) mengenai kondisi bisnis di kawasan Euro untuk 6 bulan kedepan. Indeks dibuat berdasarkan survey terhadap 6,000 pebisnis di seluruh kawasan Euro.Angka indeks diatas 0.0 menunjukkan kondisi yang membaik, dan dibawah 0.0 (negatif) menunjukkan terjadinya kontraksi. Indeks ini adalah indikator awal bagi pengeluaran konsumen, perekrutan tenaga kerja dan investasi baru.

Bulan Maret lalu indeks berada pada angka -6.3, lebih tinggi dari perkiraan -7.5 dan yang tertinggi dalam 4 bulan terakhir. Untuk bulan Maret 2015 diperkirakan indeks akan kembali naik ke angka -5.8. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan EUR.

Jam 21:30 WIB
: pidato gubernur Bank of Canada (BoC) Stephen Poloz (Berdampak tinggi pada CAD)
Stephen Poloz dijadwalkan berbicara pada panel diskusi dengan tema ‘Export-Import Bank of the United States’ di Washington DC, AS.







KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE