Menu

Abaikan Sentimen Brexit, Emas Terus Merangkak Naik

Rama Anandhita

Emas berpotensi rebound meski tanda-tanda positif dari Brexit meningkatkan selera investor terhadap aset berisiko.

Analisa Fundamental

Harga emas pada perdagangan Kamis (17/Oktober) ditutup menguat. Hal ini karena meningkatnya selera investor terhadap aset berisiko pasca kesepakatan Brexit berhasil dicapai kemarin sore. Diketahui, para pemimpin UE mendukung secara utuh tentang kesepakatan Brexit yang baru. Kendati demikian, draft tersebut masih membutuhkan persetujuan dari parlemen Inggris.

Selain karena kesepakatan Brexit, kenaikan harga emas juga ditopang oleh lemahnya data penjualan ritel dan produksi industri AS. Hal tersebut semakin menambah kekhawatiran para pelaku pasar tentang kesehatan ekonomi AS di tengah konflik dagangnya dengan China yang tak kunjung usai. Kementerian Perdagangan China pada Kamis mengatakan bahwa pihaknya berharap dapat mencapai kesepakatan dengan AS sesegera mungkin.

Selain China, Dana Moneter Internasional (IMF) juga menyambut tanda-tanda positif perdamaian AS-China, sembari mengatakan bahwa pembaruan peraturan perdagangan sangat diperlukan untuk mengembalikan kekuatan ekonomi global.

 

Analisa Teknikal

Harga emas cenderung tertahan di sekitar garis SMA 200, tetapi diperkirakan berpotensi untuk kembali bullish. Apalagi dalam beberapa sesi perdagangan sebelumnya, harga terus menciptakan Higher Low dan Higher High yang baru.

 

Rekomendasi






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE