Menu

Analisa USD/JPY: Menanti Breakout Triangle

Rizki Rosadi

Sentimen bearish masih mendominasi USD/JPY minggu ini, dengan adanya pola triangle di timeframe Daily dan H4.

Assalamualaikum dan selamat sore para pembaca...

Karena ini adalah postingan pertama saya untuk USD/JPY, maka saya akan memaparkan dari timeframe paling besar (Yearly) sampai timeframe paling kecil (H4). Baiklah, mari kita lihat grafik Yearly dari USD/JPY berikut ini:


Pada gambar di atas, satu candlestick mewaikili 1 (satu) tahun. Jika diperhatikan dengan seksama, USD/JPY tahun ini membentuk candlestick Doji dengan Lower Shadow yang panjang. Sejak 2016, USD/JPY mengalami penurunan secara berturut-turut, yang artinya kemungkinan bearish masih dominan. Kita tetap akan melihat perkembangan harga ke depannya untuk mencoba memanfaatkan peluang, apabila Downtrend USD/JPY long-term akan berlanjut.

 

Pada grafik Monthly, secara gelombang USD/JPY dalam kondisi Downtrend dengan Top terakhir di 124.10, dan Bottom terakhir di 76.25. Perhatikan candlestick Monthly bulan ini dan bulan lalu. Terlihat keduanya menunjukkan adanya candlestick bearish. Artinya, untuk sementara harga akan dipengaruhi oleh sentimen bearish.

 

Pada grafik Weekly, harga minggu lalu bertahan pada resisten minor di harga 114.00. Resisten ini cukup penting melihat ada 5 kali reversal yang terjadi di area tersebut. Selain itu, terdapat juga candlestick Bearish Engulfing minggu lalu, yang menandakan jika harga masih akan bearish di minggu ini.

 

Peluang Entry USD/JPY

Untuk peluang entry USD/JPY kita akan memanfaatkan pola triangle yang terdapat pada timeframe Daily dan H4. Mari kita lihat grafik USD/JPY Daily dan H4 berikut ini:

Dengan melihat grafik Daily dan H4 di atas, maka peluang yang dapat kita ambil adalah:

Selalu gunakan money management yang baik seperti 1%-2% risiko per transaksi, dengan perbandingan Reward/Risk di atas 1:1. Semoga analisa ini membantu para pembaca dalam mengenali pergerakan harga dan mengambil keputusan transaksi.

Terima kasih.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE