Menu

AS-China Kembali Bergejolak, EUR/USD Rawan Aksi Profit Taking

Rama Anandhita

Aksi jual EUR/USD masih rawan terjadi, terutama saat hubungan AS-China kembali memanas.

Analisa Fundamental

EUR/USD diperdagangkan menguat di tengah tensi ketegangan baru AS-China. Presiden AS Donald Trump kembali memberlakukan tarif tambahan 10% pada produk impor asal China, atau senilai $300 miliar per 1 September mendatang. Trump beralasan bahwa ancaman tersebut diberlakukan karena China gagal membeli lebih banyak produk pertanian AS.

Ancaman tarif juga merupakan cerminan dari rasa frustasi staf Administrasi Trump yang beranggapan bahwa China tidak memiliki niatan untuk mewujudkan kesepakatan perdagangan. Langkah yang diambil Trump ini muncul satu hari setelah para pejabat dari kedua negara menyelesaikan putaran akhir negosiasi perdagangan di China, yang dilaporkan tidak ada kemajuan berarti.

 

Analisa Teknikal

Pergerakan EUR/USD secara keseluruhan masih bertahan di zona merah, meskipun saat ini harga tengah mencoba rebound dari aksi jual masif sebelumnya. Di sisi lain, pergerakan harga juga masih berada di bawah garis SMA 50, SMA 100, dan SMA 200, yang mengindikasikan bahwa pasangan mata uang ini kemungkinan masih berpotensi bearish.

 

Rekomendasi






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE