Menu

AS-China Tandatangani Kesepakatan Dagang, Emas Menguat

Rama Anandhita

Tren kenaikan harga emas berpotensi masih berlanjut. Adanya kekhawatiran atas konflik perdagangan AS-China menjadi faktor pendukung reli bullish pada emas.

Analisa Fundamental

Emas ditutup di zona hijau setelah kesepakatan pakta dagang Fase Satu AS-China resmi ditandatangani pada Rabu (15/Januari) waktu setempat. Dalam penandatanganan tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk mengurangi beberapa tarif impor. Pun, China diharapkan dapat melakukan lebih banyak pembelian atas barang dan jasa AS.

Meskipun demikian, tarif impor sebesar 25% terhadap barang dan komponen industri asal China senilai $250 miliar masih tetap berlaku. Kondisi ini lantas membuat investor khawatir terhadap masa depan kedua negara adidaya tersebut.

Fokus investor selanjutnya akan beralih ke kesepakatan perdagangan Fase Dua. Menurut Menkeu AS, Steven Mnuchin, kesepakatan dagang Fase Dua akan menitikberatkan pada masalah teknologi dan cybersecurity, yang merupakan persoalan inti antara AS-China hingga kini.

 

Analisa Teknikal

Tren harga emas pada grafik H1 berbalik bullish setelah indikator SMA-20 berhasil bergerak ke atas SMA-50. Kenaikan harga emas semakin terbuka lebar jika tren terus bertahan di atas area Support 1553.25-1550.00. Diperkirakan, emas akan bergerak naik ke level Resistance 1563.00.

 

Rekomendasi






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE