Menu

Bearish Daily EUR/USD Butuh Aksi Jual Di Bawah 1.0096

Buge Satrio

Pergerakan harga kemungkinan akan terbatas pada hari ini karena pelaku pasar cenderung berhati-hati menjelang data tenaga kerja AS yang akan dirilis besok.

Euro merosot cukup dalam terhadap Dolar AS pada perdagangan kemarin. Namun, aksi jual tersebut tidak segera berlanjut pada hari ini (4/Agustus). Minor support 1.0129/1.0096 sejauh ini masih bertahan dari ancaman bearish.

Pelaku pasar cenderung berhati-hati menjelang data tenaga kerja AS yang akan dirilis besok, sehingga sepertinya agak sulit untuk mengharapkan volatilitas yang mampu menyeret harga turun menembus 1.0096, atau mendongkrak harga naik mengejar breakout minor resistance di kisaran 1.0269/78 pada perdagangan hari ini.

Pada chart Daily di atas, bias jangka pendek/menengah masih tetap negatif. EUR/USD membutuhkan penutupan candlestick Daily di atas 1.0340 untuk setidaknya mengurangi tekanan jual. Skenario ini berpotensi mengubah outlook jika harga mampu naik menembus kurva MA-50 dan resistance trendline.

Sedangkan pada sisi bawah, momentum bearish skala Daily membutuhkan penutupan candlestick Daily di bawah 1.0096. Skenario ini berisiko mengancam support 0.9952 (Low 14 Juli) yang bisa memicu bearish continuation jangka pendek/menengah.

 

Outlook dan Strategi Intraday

Strategi intraday gagal pada perdagangan Selasa kemarin. Harga turun tajam menembus Kijun-sen H4 (sekarang di 1.0208) yang mengubah bias menjadi sejalan dengan outlook Daily. Pada perdagangan berikutnya atau Rabu, posisi sell limit di kisaran Kijun-sen H4 (saat itu di 1.0204) dapat menyentuh target 50 pips. Setidaknya, ini bisa mengurangi kerugian dari hari Selasa.

Sempat berniat meletakkan posisi sell limit di 1.0208, tapi kemudian saya memutuskan untuk step-aside dari EUR/USD pada hari ini sambil menunggu data tenaga kerja AS yang akan dirilis besok. Jika Anda sedang mencari posisi sell, mungkin ada baiknya meletakkan posisi Stop Loss (SL) di atas 1.0215, atau cut loss apabila harga naik dan menutup candlestick H1 di zona 1.0215/32.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE