Menu

Credit Suisse Bermasalah, Harga Emas Kembali Terbang

Rama Anandhita

Harga emas berpotensi untuk bergerak naik lebih lanjut ke sekitar level 1924.00 di tengah kekhawatiran terhadap krisis perbankan.

Analisa Fundamental Emas

Emas kembali diperdagangkan di sekitar level $1910 per troy ons dan terus bertahan di posisi tertinggi dalam enam pekan. Kenaikan harga emas dipicu oleh meningkatnya permintaan pada aset safe haven pasca runtuhnya Silicon Valley Bank dan Signature Bank di AS, serta munculnya sejumlah masalah baru yang dihadapi oleh Credit Suisse.

Di tengah meningkatnya kekhawatiran terhadap krisis perbankan dan meningkatnya ketidakstabilan ekonomi, para pelaku pasar berspekulasi bahwa sejumlah bank sentral utama tidak akan melakukan pengetatan kebijakan moneter secara agresif guna mencegah terjadinya krisis yang lebih parah.

Ke depan, fokus para pelaku pasar akan tertuju pada pengumuman kebijakan moneter terbaru dari Federal Reserve pada pekan depan dan pengumuman kebijakan moneter terbaru dari European Central Bank (ECB) pada hari ini.

 

Analisa Teknikal Emas

Harga emas kembali memasuki tren bullish setelah sebelumnya sempat terkoreksi hingga turun ke bawah indikator Supertrend. Dalam jangka pendek, emas berpotensi kembali bergerak naik ke sekitar level 1924.00, terutama jika terus bertahan di atas area Support 1911.27-1905.00.

 

Rekomendasi

 

Skenario Alternatif

Skenario alternatif berikut ini dapat digunakan jika harga emas berhasil menembus ke bawah level 1905.00.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE