Menu

Data Tenaga Kerja AS Belum Mampu Membuat Emas Rebound

Rama Anandhita

Emas masih bertahan di bawah level psikologis 1,300, dan diperkirakan masih berpotensi untuk bergerak bearish.

Analisa Fundamental

Di tengah kekhawatiran terhadap perlambatan ekonomi global yang meluas, serta katalis positif dari perkembangan negosiasi perdagangan antara AS dan China, pergerakan harga emas hingga perdagangan Kamis (4/April) masih cenderung diperdagangkan mendatar di sekitar area 1299-1285.

Dari negosiasi perdagangan yang masih terus berlanjut, Financial Times melaporkan bahwa para pejabat tinggi dari kedua belah pihak telah menyelesaikan sebagian besar masalah utama, meskipun masih berada pada tahap perundingan mengenai penerapan serta penegakkan kesepakatan tersebut.

Sebaliknya, data tenaga kerja AS yang dirilis mengecewakan pada Rabu (3/April) kemarin sempat membuat harga emas naik tipis. Namun, logam mulia masih gagal menutup perdagangan di teritori positif. Data ketenagakerjaan AS versi ADP yang lebih buruk dari ekspektasi semakin memperkuat spekulasi bahwa pasar tenaga kerja Negeri Paman Sam kini telah kehilangan momentumnya, setelah terus berekspansi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

 

Analisa Teknikal

Secara teknikal, pergerakan harga emas secara umum masih berada pada tren bearish. Selain itu, harga hingga saat penulisan analisa juga masih berada di sekitar level terendah 3 pekan, dan diperkirakan masih berpotensi untuk bergerak bearish.

 

Rekomendasi






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE