Menu

Dolar AS Dilanda Aksi Jual, GBP/USD Bullish

Rama Anandhita

Aksi jual pada mata uang Dolar AS mendorong GBP/USD untuk bergerak menguat. Sterling kini bahkan telah mencapai rekor tertingginya selama enam bulan.

Analisa Fundamental

GBP/USD terus menguat hingga ke level tertingginya selama enam bulan, pasca pernyataan Presiden Trump bahwa kesepakatan dagang dengan China mungkin tidak akan terjadi hingga Pilpres AS 2020 mendatang. Kondisi tersebut praktis membuat Dolar AS tak berdaya dan mengguncang pasar keuangan global. Investor khawatir jika konflik perdagangan yang tak kunjung usai dapat membebani pertumbuhan ekonomi global lebih lama dari perkiraan.

Prospek kesepakatan perdagangan yang kian menipis juga memperkuat ekspektasi bahwa Amerika Serikat akan memberlakukan tarif impor lebih tinggi terhadap barang-barang asal China. Mengutip pernyataan Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross, tenggat waktu tercapainya kesepakatan antara AS-China adalah 15 Desember pekan depan. Lebih dari itu, maka tarif impor terhadap produk China tidak bisa dielakkan.

 

Analisa Teknikal

Tren bullish pada GBP/USD diperkirakan terus berlanjut, ditunjukkan oleh indikator EMA-20 yang masih berada di atas EMA-50. Untuk perdagangan hari ini, GBP/USD diperkirakan terkoreksi ke sekitar level 1.29738 terlebih dahulu, sebelum akhirnya kembali melanjutkan tren bullish-nya ke sekitar level 1.30188.

 

Rekomendasi






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE