Menu

ECB Diprediksi Tetap Agresif, EUR/USD Berpotensi Bullish

Rama Anandhita

EUR/USD berpeluang melanjutkan reli di tengah spekulasi kenaikan suku bunga ECB. Pasalnya, pasar meyakini jika ECB akan lebih agresif daripada The Fed.

Analisa Fundamental

Euro menguat ke atas level $1.09 menjelang pengumuman suku bunga European Central Bank (ECB) pekan ini. Dalam pertemuan kebijakannya, ECB diprediksi akan menaikkan suku bunga sebesar 50 bps. Meskipun demikian, fokus para pelaku pasar tertuju pada pernyataan ECB terkait sinyal kenaikan suku bunga berikutnya.

Pada awal bulan ini, Presiden ECB Christine Lagarde memperingatkan bahwa pihaknya akan terus menaikkan suku bunga dan mempertahankannya pada level tertentu selama jangka waktu yang diperlukan guna menurunkan inflasi ke target 2%.

Di sisi lain, para pelaku pasar berspekulasi bahwa Federal Reserve akan kembali memperlambat laju kenaikan suku bunganya menjadi 25 bps.

 

Analisa Teknikal

Secara teknikal, pergerakan EUR/USD kembali berada dalam tren bullish pasca berhasil menembus ke atas indikator Supertrend. Dalam jangka pendek, EUR/USD berpotensi naik lebih lanjut ke sekitar level 1.09150 jika terus bertahan di atas area Support 1.08882-1.08750.

 

Rekomendasi

 

Skenario Alternatif

Skenario alternatif berikut ini dapat digunakan jika EUR/USD berhasil menembus ke bawah level 1.08750.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE