Menu

Emas Catatkan Keuntungan Kecil Pasca Government Shutdown AS

Erik Tri Cahyo

Emas mendapatkan sedikit keuntungan, meski secara garis besar masih bergerak korektif pada perdagangan kemarin.

General Overview

Harga emas ditutup sedikit menguat pada hari Jumat, memangkas kerugian yang sudah terjadi untuk minggu ini menjadi sekitar 0.1%, dengan pasar tetap mewaspadai potensi dan akibat dari government shutdown pada akhir pekan kemarin.

Data ekonomi AS yang dirilis pada hari Jumat, yaitu pembacaan sentimen konsumen untuk bulan Januari, jatuh ke level terendah enam bulan. Sehingga, emas merasakan dorongan sementara setelah rilis data tersebut dan sempat mendaki ke atas level $1335 sebelum kembali merosot.

Namun demikian, emas dalam skala mingguan masih tetap mengalami kerugian dan memperpanjang tempo kerugiannya selama empat pekan untuk tetap bertahan di sekitar area 1333 per oz.



 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1334. Emas sempat kembali menguat tipis hingga ke level 1338 pada perdagangan kemarin.

 

 

Secara teknikal, logam ini bergerak sideways, tetapi masih dalam fase korektif. Fase korektif yang terjadi pasca tertolak dari level resisten area sekitar 1340 sempat membuat emas terjatuh hingga 1324. Hingga saat analisa ini ditulispun, emas masih bergerak konsolidatif dengan range pergerakan yang terbilang sempit. Pembacaan sentimen yang bervariasi dari inidikator teknikal menandakan belum adanya momentum yang tepat untuk memasuki trade. Dengan demikian, sebelum adanya sinyal dan pergerakan yang jelas maka bias untuk trade kali ini adalah NETRAL.

Namun masih ada skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point, berikut ulasannya:

  1. Skenario utama hari ini yaitu mencoba peluang Sell dengan harapan bahwa logam ini akan melanjutkan fase korektifnya. Area acuan yang perlu diperhatikan untuk skenario ini berada pada level support sekitar 1330.20. Perhatikan jika harga akhirnya berhasil menembus level area tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka peluang Sell dapat diambil. Sehingga, peluang SELL dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid maka logam ini akan kembali melanjutkan fase korektifnya setidaknya hingga menguji level 1325.96 kembali. Stop Loss, seperti biasa dapat diletakkan di atas swing high terdekat.

  2. Sedangkan sebagai rencana alternatif, level resisten 1339.37 juga perlu diperhatikan. Level tersebut berfungsi sebagai acuan untuk skenario Buy kali ini. Pasalnya, jika harga kembali menyentuh atau bahkan menembus level tersebut dan terkonfirmasi, maka logam ini akan kembali menguat. Maka disarankan untuk mencari peluang Buy yang terkonfirmasi disekitar area level tersebut. Dengan begitu, peluang BUY hanya berlaku jika break level tersebut terkonfirmasi. Jika logam ini menembus level tersebut maka logam ini akan melanjutkan penguatan minimal pada level 1345.75. Stop loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1345.75
R2 : 1339.37
R1 : 1334.10
Pivot: 1330.20
S1 : 1325.96
S2 : 1322.66
S3 : 1314.54


*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE