Menu

Emas Mencoba Bangkit Meski Tren Rate Hike Meningkat

Rama Anandhita

Harga emas berupaya bullish ke sekitar level 1682.00 di tengah tren kenaikan suku bunga oleh beberapa bank sentral utama.

Analisa Fundamental Emas

Harga emas terus bertahan di sekitar posisi terendah dua tahun seiring reli Dolar AS dan melonjaknya imbal hasil Treasury AS. Kondisi tersebut juga diperparah oleh meningkatnya ekspektasi pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut dan prospek perlambatan pertumbuhan ekonomi global.

Federal Reserve memutuskan untuk menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin yang ketiga dalam tahun ini, begitu pun dengan European Central Bank (ECB) yang diperkirakan mengumumkan rate hike lebih lanjut. Apalagi, salah satu anggota dewan ECB Isabel Schnabel baru-baru ini mengatakan bahwa inflasi Zona Euro kemungkinan akan lebih tinggi dari perkiraan.

 

Analisa Teknikal Emas

Harga emas selama sepekan terakhir terus bergerak sideways di sekitar area $1650-1680. Melihat posisinya yang di atas indikator Supertrend, harga berpotensi menguat ke sekitar area Resistance 1682.00 jika terus bertahan di atas Support 1665.25-1657.00.

 

Rekomendasi

 

Skenario Alternatif

Skenario alternatif berikut ini dapat digunakan jika harga emas berhasil menembus ke bawah level Support 1657.00.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE