Menu

Euro Terbebani Masalah Anggaran Italia

Rama Anandhita

Pergerakan EUR/CHF masih terus bertahan di sekitar level 1.13, di tengah ketagangan poltik kawasan Uni Eropa, khususnya terkait Brexit dan rencana anggaran Italia.

Analisa Fundamental

Terkait dengan Brexit, pergerakan Euro pada perdagangan sebelumnya bergerak rebound setelah adanya laporan yang menyatakan bahwa Inggris dan Uni Eropa telah menyetujui teks rancangan kesepakatan Brexit, untuk menghindari adanya kekacuan ekonomi di Zona Euro.

Sementara permasalahan Brexit mulai menemukan titik terang, polemik yang berkaitan dengan Italia masih terus membebani investor. Dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa (13 November) kemarin, Wakil PM Italia Matteo Salvini menyatakan bahwa Pemerintah Italia akan tetap mempertahankan defisit anggaran serta prospek pertumbuhan ekonomi untuk tahun 2019 mendatang. Hasil ini ditetapkan meskipun Komisi Eropa sebelumnya telah menuntut Italia untuk melakukan revisi rencana anggaran.

 

Analisa Teknikal

Secara teknikal, pergerakan pasangan mata uang EUR/CHF masih cenderung tertekan dan berpotensi untuk bergerak bearish. Dalam grafik 4 jam, harga terlihat membentuk sebuah pola triangle dan berhasil break lower line, mengindikasikan bahwa harga berpotensi untuk bergerak bearish.

 

Rekomendasi






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE