Menu

EUR/USD 27 April - 1 Mei: Outlook Fundamental dan Teknikal

Buge Satrio

Rilis data AS kembali terseok-seok pekan lalu. Beberapa data menunjukkan hasil mengecewakan, antara lain Unemployment Claims, Flash Manufacturing PMI, New Home Sales dan Core Durable Goods Orders m/m. Data lainnya menunjukkan angka yang positif, antara lain Existing Home Sales dan Durable Goods Orders m/m.

Outlook Fundamental

DOLAR AS:

Rilis data AS masih terseok-seok pekan lalu. Beberapa data menunjukkan hasil mengecewakan, antara lain Unemployment Claims, Flash Manufacturing PMI, New Home Sales dan Core Durable Goods Orders m/m. Data lainnya menunjukkan angka yang positif, antara lain Existing Home Sales dan Durable Goods Orders m/m.

Beberapa pengamat fundamental menyebutkan, serangkaian rilis data AS yang tidak menggembirakan dalam beberapa minggu terakhir ini telah menyebabkan investor menjadi tidak terlalu optimis pada ekspektasi kenaikan suku bunga pertengahan tahun ini, dan bahkan tidak yakin jika kenaikan suku bunga akan jatuh pada bulan September atau sebelumnya. Rilis data-data AS yang tidak menggembirakan memang telah menimbulkan keraguan pada kekuatan pemulihan ekonomi AS yang sebelumnya diharapkan dapat mendukung rencana kenaikan suku bunga tersebut.

Tapi tentu saja kita tidak dapat mengabaikan benang merah yang menggerakkan sentimen market secara keseluruhan sejak bulan Mei tahun lalu, yakni divergensi kebijakan moneter antara Federal Reserve (Fed) dengan European Central Bank (ECB), dimana the Fed sudah mengakhiri program stimulus dan tengah bersiap menyongsong kenaikan suku bunga (meskipun jadwal tersebut mungkin menjadi lebih tentatif karena data-data ekonomi yang sementara ini kurang mendukung), sebaliknya ECB saat ini sedang menjalankan program stimulus dan berada dalam situasi yang tidak mungkin menaikkan suku bunga dalam satu hingga dua tahun ke depan.

Pekan depan kita akan berhadapan kembali dengan pertemuan atau konferensi pers FOMC yang tentunya akan menjadi fokus market untuk minggu depan, dimana investor akan mencari indikasi lebih lanjut terkait rencana kenaikan suku bunga, meskipun rasa-rasanya akan sulit mengharapkan kejutan dari notulensi FOMC tersebut setelah serangkaian data-data AS yang tidak menggembirakan beberapa pekan terakhir ini.

Data-data ekonomi/event penting untuk tanggal 27 April sampai 1 Mei dari Amerika Serikat adalah sebagai berikut: CB Consumer Confidence, Advance GDP q/q, FOMC Statement, Unemployment Claims dan ISM Manufacturing PMI.

EURO:

Hampir tak berbeda dengan pekan sebelumnya, pekan lalu rilis data-data ekonomi dari zona Euro tercatat “biasa-biasa saja”. PMI di sektor manufaktur dan jasa zona Euro memang masih menunjukkan ekspansi namun memposting angka di bawah ekspektasi. Data ZEW Economic Sentiment Jerman yang diharapkan dapat mendongkrak Euro ternyata justru menunjukkan angka di bawah ekspektasi, tapi data yang mengecewakan ini masih dapat diimbangi dengan Economic Sentiment zona Euro yang merilis angka melebihi ekspektasi.

Sementara itu negosiasi lanjutan antara Yunani dengan pada kreditornya ikut berkontribusi mempengaruhi volatilitas upside/downside jangka pendek dalam range harga 1.05 - 1.10, dan sebagian lainnya adalah karena data-data ekonomi AS yang mengecewakan yang menyebabkan EUR/USD masih berada dalam fase konsolidasi.

Pekan berikut (27 April – 1 Mei) data-data penting dari zona Euro adalah sebagai berikut: German Prelim CPI m/m, M3 Money Supply y/y, Private Loans y/y, German Retail Sales m/m, CPI Flash Estimate y/y, Core CPI Flash Estimate y/y dan Unemployment Rate.

Outlook Teknikal

Perkembangan baru dari sisi teknikal menjadi amat menarik, karena untuk pertama kalinya sejak Mei 2014 harga berhasil menyentuh sisi bawah Cloud Ichimoku time frame Daily atau Senkou Span-A (1.0854) yang menjadi area netral dalam jangka menengah. Sementara indikator RSI ikut mengkonfirmasi dengan bergerak sedikit di atas value 70, yang setidaknya menunjukkan adanya usaha buyers untuk mengambil alih sentimen market yang selama 11 bulan terakhir praktis didominasi oleh sellers.

klik untuk memperbesar

Area netral Cloud Ichimoku terbentang cukup lebar antara 1.08 hingga 1.11. Ini sejalan dengan pandangan analis teknikal JP Morgan yang mengatakan bahwa di bawah level psikologis 1.10 masih akan menjaga kemungkinan Bearish Continuation, namun konsolidasi upside masih akan bergerak lebih tinggi apabila EUR/USD sanggup melewati 1.11 untuk berhadapan dengan level psikologis berikutnya, 1.15.

Pada sisi upside, di atas Kijun-sen 1.0785 masih akan tetap menjaga bullish berhadapan dengan resisten 1.1044, dimana break atau closing candle Daily di atas level ini berpotensi mengejar 1.1269 (Low 9 Februari) yang menegaskan keberlanjutan konsolidasi upside sekaligus mengubah bias negatif skala Daily menjadi positif

Sebaliknya pada sisi downside, break atau penutupan candle Daily di bawah 1.0785 berisiko penurunan lebih lanjut berhadapan dengan support 1.0658. Sementara break terhadap 1.0519 dapat mengkonfirmasi bahwa fase konsolidasi upside telah berakhir sehingga berisiko Bearish Continuation setelah break di bawah 1.0461 untuk mengejar harga yang lebih rendah.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE