Menu

EUR/USD: Jelang Putusan ECB, Awasi Level 1.0140/34

Buge Satrio

Putusan kebijakan ECB menjadi fokus pasar pekan ini. Gejolak harga kemungkinan akan terjadi saat pengumuman dan konferensi pers yang berlangsung petang nanti.

Gagal melanjutkan rebound 3 hari beruntun, EUR/USD ditutup melemah pada perdagangan kemarin. Ini karena pelaku pasar cenderung wait and see menjelang pengumuman kebijakan moneter European Central Bank (ECB) yang akan digelar hari ini (21/Juli).

Secara teknikal pada time frame Daily, risiko bearish jangka pendek/menengah masih membayangi pasangan mata uang ini selama bergerak di bawah resistance Monthly 1.0340. Di sisi lain, candle pattern Three White Soldiers yang terbentuk hingga Selasa juga tak bisa dianggap remeh karena menyimpan potensi untuk mengincar 1.0340 atau bahkan kurva MA-50.

Hal tersebut juga ditunjukkan pada time frame H1 di mana EUR/USD masih mempertahankan posisi di atas level Kijun-sen H4 (sekarang di 1.0140), dan menjaga prospek Three White Soldiers tetap valid. Namun karena putusan ECB diperkirakan berdampak tinggi, sebelum meletakkan posisi entri, usahakan awasi dulu aksi harga dan candle pattern H1 yang mungkin akan terbentuk setelah agenda fundamental itu.

Untuk perdagangan intraday pada hari ini, kisaran 1.0140/1.0134 (Kijun H4/R2 Fibo Retracement Weekly) menjadi fokus apabila EUR/USD turun ke area tersebut. Posisi buy di area itu membutuhkan SL ketat di bawah 1.0119 (Low 19 Juli).

Hingga pukul 16:59 WIB, EUR/USD tercatat naik tipis 0.05% di posisi 1.0181.

Good luck and trade safe!






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE