Menu

EUR/USD: Review Teknikal Mingguan

Buge Satrio

Pada time frame Daily, kita dapat melihat bahwa sellers masih menguasai market dalam jangka menengah.

Dolar menguat terhadap Euro di akhir pekan (Jumat 6 Januari) setelah rilis data Jobs Data AS yang menunjukkan angka beragam. Data NFP lebih kecil dari ekspektasi, sementara pendapatan atau upah rata-rata per jam (Average Hourly Earnings) mengalami peningkatan melebihi perkiraan.

EUR/USD mencatat penurunan 0.70% di akhir pekan. Di sepanjang pekan, Euro menunjukkan sedikit keunggulan dengan kenaikan 0.16% terhadap Dolar.

Pada time frame Daily, kita dapat melihat bahwa sellers masih menguasai market dalam jangka menengah dengan aksi jual ketika harga bergerak naik ke kisaran level Kijun-sen Daily (1.0605), namun zona support 1.0525/05 sejauh ini tetap bertahan mendukung skenario fase konsolidatif setelah rebound/recovery dari level 1.0339 (Low 3 Januari).

Pada sisi downside, penutupan candle Daily/H4 di bawah 1.0525/05 berisiko mengembalikan harga di jalur downtrend untuk berhadapan kembali dengan area support 1.0365/39, atau bahkan mencetak harga yang lebih rendah untuk mengejar level paritas, sehingga price action yang mencerminkan minat buyers/sellers (terutama pada perdagangan intraday) terhadap kisaran harga tersebut (1.0525/05) layak untuk dicermati dalam beberapa hari ke depan.

Sementara pada sisi upside, stabilisasi harga di atas 1.0505/25 dibutuhkan untuk memperpanjang fase konsolidatif, berhadapan dengan resisten kuat 1.0605/25. Penutupan candle Daily/H4 di atas level ini berpeluang menguji resisten 1.0654/88.

Secara keseluruhan dalam jangka menengah, EUR/USD masih berada dalam ancaman bearish selama bergerak di bawah Kijun-sen Daily (1.0605) dan selama harga diperdagangkan di bawah Cloud/Kumo Ichimoku Daily.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE