Menu

GBP/JPY: Cenderung Melemah Jelang Rilis Data PMI Manufaktur

Rama Anandhita

GBP/JPY melanjutkan tren bearish jelang dirilisnya data PMI Manufaktur Inggris. Pair ini masih tertekan oleh isu tapering BoJ diam-diam.

Fundamental Review

GBP/JPY melanjutkan tren bearish setelah Bank of Japan (BoJ) dikabarkan diam-diam mengurangi pembelian obligasinya. Pembelian obligasi pada hari Rabu kemarin (28/Februari) untuk surat utang bertenor 25-40 tahun hanya sebesar 70 miliar Yen, turun 10 miliar Yen dari 80 miliar Yen di periode sebelumnya.

Perlu diketahui, Bank Sentral Jepang telah menjaga suku bunga pada kisaran minus 0.1%, dan melakukan pembelian obligasi pemerintah secara besar-besaran dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, BoJ melakukan pembelian Exchange Traded Fund (ETF). Langkah tersebut banyak dikritisi karena dianggap memelintir kondisi yang melandasi harga saham.

Dari Inggris, fokus para pelaku pasar saat ini tertuju pada data Manufacturing PMI, yang akan dirilis pada hari Kamis ini (1/Maret) pukul 16:30 WIB.

 

Technical Review

 

 

Pada Timeframe harian, pergerakan GBP/JPY terlihat berhasil break support di level 147.75, dan berpotensi untuk melanjutkan tren bearish.

 

Rekomendasi






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE