Menu

Harga Emas Terus Dibebani Sentimen Fed Rate Hike

Rama Anandhita

Optimisme rate hike masih menekan harga emas dan berpotensi membuat XAU/USD merosot lebih lanjut ke sekitar level 1654.00.

Analisa Fundamental Emas

Harga emas turun ke sekitar level $1660 per troy ons di tengah tingginya ekspektasi kenaikan suku bunga Federal Reserve lebih lanjut. Namun, penurunan emas relatif terbatas setelah IMF memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2023. Organisasi tersebut mengatakan "lebih dari sepertiga ekonomi global akan mengalami kontraksi pada tahun ini atau berikutnya", dan "2023 akan terasa seperti resesi" bagi banyak orang.

Dalam waktu dekat, fokus pasar akan tertuju pada rilis notulen pertemuan The Fed dan data inflasi AS. Hasil notulen yang hawkish dan inflasi di atas proyeksi akan menjadi sentimen negatif bagi pergerakan emas.

 

Analisa Teknikal Emas

Setelah sempat naik hingga 1684.02 dan diperdagangkan di atas indikator Supertrend, harga emas gagal melanjutkan upaya rebound. Sebaliknya, emas justru kembali diperdagangkan di bawah Supertrend dan memperkuat kondisi tren bearish. Dalam jangka pendek, harga berpotensi turun ke sekitar level 1654.00 jika terus bertahan di bawah area Resistance 1668.74-1676.00.

 

Rekomendasi

 

Skenario Alternatif

Skenario alternatif berikut ini dapat digunakan jika harga emas berhasil menembus ke atas level 1676.00.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE