Menu

Inside Bar Breakout, Indeks Dolar Berisiko Lanjutkan Koreksi

Buge Satrio

Price action dalam tiga hari terakhir menunjukkan indikasi terhambatnya reli USD terhadap major currencies. Ada dua skenario bearish yang perlu diwaspadai.

Perkembangan aksi harga atau price action Indeks Dolar (DXY) terbaru pada skala Daily berlangsung cukup menarik hingga menjelang penutupan perdagangan akhir pekan. Katalisnya: rilis data inflasi harga konsumen AS periode Juli yang melambat ketimbang bulan sebelumnya.

Data tersebut setidaknya mampu menyurutkan ekspektasi atas prospek tapering dan kenaikan suku bunga acuan bank sentral AS (Federal Reserve) yang diprediksi bakal dilakukan lebih cepat dari perkiraan.

Candlestick Daily dalam 3 hari terakhir menunjukkan indikasi itu, setelah sempat berupaya melewati High 21 Juli (level 93.19), namun kemudian terjebak Inside Bar pada candle berikutnya. Selanjutnya, USD dilanda aksi jual dengan penurunan tajam pada perdagangan Jumat (13/Agustus).

Jika kita mengamati 3 candlestick terakhir, barangkali sebagian trader mengatakan bahwa pola yang terbentuk adalah Three Inside Down (TID). Mungkin tidak terlalu keliru, tapi saya lebih suka menyebutnya sebagai Inside Bar Breakout, lantaran susunan bentuk atau pola dari 3 candlestick terakhir itu tidak sesuai dengan defenisi Three Inside Down.

Defenisi secara umum dari TID adalah pola tersebut berada atau sedang berupaya menerobos zona resistance yang krusial. Candlestick pertama selalu diawali dengan candle bullish. Setelah itu, candle kedua adalah bearish yang kemudian diikuti dengan aksi jual atau bearish pada candlestick ketiga.

Pada gambar di atas, ada dua catatan tambahan yang mungkin cukup menarik untuk mewaspadai risiko penurunan atau koreksi USD lebih lanjut. Pertama, potensi terbentuknya Double Top dengan posisi High 21 Juli (level 93.19). Skenario ini membutuhkan penutupan candlestick Daily di bawah kurva MA-30. Kedua, divergensi osilator RSI ketika DXY berupaya mengejar breakout zona resistance yang tergolong kritis dalam jangka pendek/menengah.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE