Menu

Investor Lakukan Aksi Beli EUR/USD Jelang Rapat FOMC

Rama Anandhita

EUR/USD mencoba naik menjelang dimulainya FOMC Meeting hari pertama. Selain itu, meredanya tensi ketegangan AS-China menjadi alasan buyer mendominasi market.

Analisa Fundamental

Pergerakan pasangan mata uang EUR/USD tampak menguat jelang FOMC Meeting hari ini. Dalam pertemuan tersebut, The Fed diperkirakan akan kembali memangkas suku bunga untuk yang ketiga kalinya tahun ini. Akan tetapi, fokus investor juga diprediksi akan tertuju pada pernyataan terbaru The Fed mengenai kebijakan moneter selanjutnya.

Di samping itu, pasar juga masih memperhatikan perkembangan negosiasi dagang AS-China. Ketegangan antar kedua negara sedikit mereda setelah Kantor Perwakilan Perdagangan AS (USTR) mengatakan adanya kemungkinan perpanjangan pengecualian tarif pada produk impor tertentu asal China senilai $34 miliar. Kabar tersebut muncul setelah Presiden Trump mengatakan bahwa kesepakatan tampaknya dapat dicapai lebih cepat dari jadwal.

Sementara itu, drama keluarnya Inggris dari Uni Eropa kembali diselimuti ketidakpastian, terutama setelah PM Inggris Boris Johnson gagal mendapatkan dukungan untuk mengadakan pemilihan lebih awal. Pada hari yang sama, Presiden Dewan Uni Eropa Donald Tusk juga mengkonfirmasi bahwa Uni Eropa telah setuju untuk memperpanjang batas waktu Brexit hingga 31 Januari 2020 atas permintaan pemerintah Inggris.

 

Analisa Teknikal

EUR/USD sekilas tampak masih berada dalam tekanan jual, karena pergerakan harganya masih berada di bawah SMA 200. Namun, tren berada di atas area Support 1.10878-1.10730 mengindikasikan bahwa pasangan mata uang ini kemungkinan berpotensi naik dalam jangka pendek.

 

Rekomendasi






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE