Menu

Jadi Target Sanksi, Harga Emas Berpotensi Naik

Rama Anandhita

Sanksi yang diberikan oleh negara-negara anggota G7 terhadap emas Rusia berpotensi membuat logam mulia naik lebih lanjut.

Analisa Fundamental Emas

Harga emas melonjak ke atas level $1830 per troy ons setelah adanya laporan bahwa beberapa negara anggota G7 berencana melarang impor emas batangan dari Rusia sebagai bagian dari paket sanksi.

Akan tetapi, beberapa analis berpendapat bahwa pengiriman emas dari Rusia ke London telah turun menjadi hampir nol sejak negara-negara Barat memberlakukan sanksi. Sehingga, mereka berkesimpulan bahwa menambahkan larangan impor emas hanya akan memfinalisasi apa yang sudah lama terjadi.

Meski mendapat dukungan dari prahara konflik Rusia, harga emas masih di bawah tekanan prospek kenaikan suku bunga. Sejumlah bank sentral utama memang diyakini akan menaikkan suku bunga secara agresif guna mengendalikan inflasi yang tidak terkendali.

 

Analisa Teknikal Emas

Harga emas saat ini berada di atas indikator Supertrend sehingga terindikasi dalam tren bullish. Dalam jangka pendek, harga kemungkinan akan menguji Resistance 1840.00 jika terus bertahan di atas area Support 1831.96-1828.00.

 

Rekomendasi

 

Skenario Alternatif

Skenario alternatif berikut ini dapat digunakan jika harga emas berhasil menembus ke bawah level 1828.00.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE