Menu

Jelang FOMC Meeting, Emas Gagal Bertahan Di Atas 1,500

Rama Anandhita

Emas gagal bertahan di atas level 1500 karena fokus investor beralih ke FOMC. Sebelumnya, emas sempat menguat akibat adanya serangan di perusahaan minyak Arab Saudi.

Analisa Fundamental

Pasca serangan terhadap instalasi minyak di Arab Saudi, harga aset safe-haven seperti emas pun mengalami kenaikan. Namun, kondisi ini rupanya tidak berlangsung lama. Hari ini (17/September), fokus investor mulai beralih ke FOMC Meeting, sehingga reli bullish emas pun memudar.

Para pelaku pasar memprediksikan jika The Fed akan memangkas suku bunga sebesar 25 bps dalam FOMC Meeting. Padahal, data penjualan retail juga sentimen konsumen AS berhasil melampaui perkiraan dan meredam spekulasi pelonggaran kebijakan moneter lebih agresif. Selain itu, investor juga berfokus pada konferensi pers Ketua The Fed, Jerome Powell, setelah rilis keputusan suku bunga pekan ini.

Dari sisi perdagangan AS-China, Kementerian Perdagangan China mengatakan bahwa Wakil Menteri Keuangan China, Liao Min, akan memimpin delegasi perdagangan China di negeri Paman Sam.

 

Analisa Teknikal

Harga emas tampak berusaha menutup gap up yang terjadi pada awal perdagangan sebelumnya. Tren yang bertahan di bawah SMA 200 mengindikasikan bahwa emas kemungkinan masih akan bergerak bearish dalam beberapa sesi ke depan.

 

Rekomendasi






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE