Menu

Jelang Rilis Notulen FOMC, Emas Tertekan Isu Negosiasi Dagang

Rama Anandhita

Sementara investor mengalihkan perhatian ke notulen FOMC, sebagian lainnya optimis terhadap negosiasi perdagangan antara AS dan China. Emas pun berpotensi terkoreksi.

Analisa Fundamental

Memasuki Sesi Eropa pada perdagangan hari Rabu (9 Januari), harga emas kembali diperdagangkan melemah, menyusul semakin kuatnya optimisme pasar terhadap perkembangan negosiasi perdagangan antara AS dan China.

Secara tidak terduga, China dan AS memutuskan untuk memperpanjang pertemuan hingga hari Rabu (9 Januari) ini, meskipun sebelumnya pertemuan tersebut hanya dijadwalkan dalam waktu dua hari. Hal itu dipandang sebagai sebuah indikasi kemajuan dalam negosiasi perdagangan antara kedua negara,

Di sisi lain, perhatian investor selanjutnya akan tertuju kepada notulen pertemuan The Fed pada hari Kamis (10 Januari) dini hari nanti. Saat ini, The Fed secara luas diperkirakan akan menghentikan sementara kenaikan suku bunga pada tahun 2019.

 

Analisa Teknikal

Harga emas masih belum mampu bangkit dari tren bearish, di tengah kuatnya sentimen yang membuat investor melepaskan aset safe haven . Sementara itu, pergerakan harga hingga saat ini masih berkonsolidasi di sekitar area 1280, dan berpotensi untuk terus bergerak turun jika berhasil menembus level support 1279.33.

 

Rekomendasi:






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE