Menu

Kekhawatiran Fed Rate Hike Terus Menggerus Harga Emas

Rama Anandhita

Harga emas masih berpotensi untuk tertekan lebih lanjut ke sekitar level 1805.00 akibat belum meredanya kekhawatiran tentang Fed Rate Hike.

Analisa Fundamental Emas

Harga emas turun ke bawah level $1810 per troy ons di tengah terus meningkatnya kekhawatiran bahwa Federal Reserve akan melakukan pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut. Kondisi tersebut diperkuat oleh data Core PCE yang lebih tinggi dari perkiraan dan meningkatnya aktivitas belanja konsumen.

Di tengah tetap tingginya tingkat inflasi, para pelaku pasar khawatir bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya guna mencegah ekonomi mengalami overheating.

Sementara itu, selama akhir pekan, Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan bahwa tingkat inflasi yang tinggi mengindikasikan bahwa dibutuhkan lebih banyak usaha untuk meredam inflasi. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua The Fed Cleveland Loretta Mester, yang menyatakan bahwa dibutuhkan lebih banyak usaha dari pihak The Fed untuk membuat tingkat inflasi turun ke level 2% secara berkelanjutan.

 

Analisa Teknikal Emas

Harga emas masih berada dalam tren bearish. Hal ini terindikasi oleh pergerakan harganya yang terus bertahan di bawah indikator Supertrend. Dalam jangka pendek, emas berpotensi turun lebih lanjut ke sekitar level Support 1805.00, terutama jika terus bertahan di bawah area Resistance 1813.71-1818.00.

 

Rekomendasi

 

Skenario Alternatif

Skenario alternatif berikut ini dapat digunakan jika harga emas berhasil menembus ke atas level 1818.00.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE