Menu

Kekhawatiran Resesi Kembali Mencuat, USD/JPY Dilanda Aksi Jual

Rama Anandhita

USD/JPY diperkirakan berpotensi turun di tengah kekhawatiran resesi AS. Mengecewakannya data manufaktur AS ke level terendah sejak Juni 2009 menjadi penyebab pelemahan ini.

Analisa Fundamental

Pasangan mata uang USD/JPY tergelincir dari level tertinggi dua pekan. Data sektor manufaktur AS yang dirilis mengecewakan menjadi pemicu kekhawatiran investor akan terjadinya resesi di negeri Paman Sam. Diketahui, sektor manufaktur AS versi ISM pada bulan September mengalami kontraksi ke level terendah sejak Juni 2009, tepatnya di angka 47.8. Kondisi ini ditengarai terjadi karena pengaruh tensi perang dagang antara AS dan China.

Sejalan dengan Jepang, survei Tankan juga melaporkan bahwa kepercayaan bisnis pabrikan besar di Jepang selama periode Juli-September memburuk ke level terendah enam tahun.

 

Analisa Teknikal

USD/JPY berbalik turun ke sekitar garis SMA 200. Diperkirakan, pasangan mata uang ini masih berpotensi untuk melanjutkan tren negatifnya, terutama selama pergerakan harga diperdagangkan di bawah area Resistance 107.890-108.063.

Rekomendasi






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE