Menu

Keputusan OPEC+ Berpotensi Membuat Harga Emas Bearish

Rama Anandhita

Harga emas berpotensi bergerak bearish ke sekitar level 1949.00, terutama jika ekspektasi seputar Fed Rate Hike kian menguat.

Analisa Fundamental Emas

Harga emas turun ke bawah level $1960 per troy ons, pasca pengumuman OPEC+ yang mengejutkan pasar. Hal ini meningkatkan kekhawatiran bahwa Federal Reserve kemungkinan akan terus menaikkan suku bunga guna menjaga inflasi tetap terkendali.

Dalam pengumuman tersebut, OPEC+ memutuskan untuk memangkas produksi minyaknya sekitar 1.16 juta barel per hari. Keputusan tersebut meredam spekulasi bahwa sejumlah bank sentral akan segera menghentikan siklus pengetatan kebijakan moneternya saat ini, seiring meredanya tren kenaikan inflasi.

Terlepas dari itu, para pelaku pasar memprediksi The Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada bulan Mei dan mulai menurunkannya di akhir tahun.

 

Analisa Teknikal Emas

Tren pergerakan harga emas berbalik menjadi bearish setelah berhasil menembus ke bawah indikator Supertrend. Dalam jangka pendek, XAU/USD berpotensi melanjutkan penurunan ke level 1949.00, terutama jika harga terus bertahan di bawah area Resistance 1959.05-1964.00.

 

Rekomendasi

 

Skenario Alternatif

Skenario alternatif berikut ini dapat digunakan jika harga emas berhasil menembus ke atas level 1964.00.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE