Menu

Minyak Melompat, Loonie Rebound

Rama Anandhita

Loonie bergerak rebound terhadap Euro, setelah harga minyak yang merupakan komoditas ekspor andalan Kanada melompat 5% pada perdagangan hari Senin (3 Desember).

Analisa Fundamental

Melonjaknya harga minyak terutama ditopang oleh tercapainya kesepakatan antara AS dan China untuk melakukan renegosiasi perdagangan, serta tingginya ekspektasi investor terkait pemotongan suplai menjelang pertemuan OPEC pada pekan ini.

Pada sela-sela KTT G20, China dan Amerika Serikat sepakat untuk tidak memberlakukan tarif tambahan setidaknya hingga waktu 90 hari (terhitung sejak 1 Januari 2019), sembari melakukan renegosiasi perdagangan. Hal tersebut memberikan angin positif bagi komoditas, khususnya minyak yang tertekan oleh adanya kekhawatiran perlambatan ekonomi global serta melimpahnya pasokan.

Di saat yang sama, kekhawatiran investor sedikit mereda menjelang dilakukannya pertemuan OPEC pada pekan ini, yang diekspektasikan bakal mencetuskan pemotongan produksi untuk menopang harga minyak.

 

Analisa Teknikal

Pergerakan EUR/CAD dalam grafik 4 jam membentuk sebuah pola Ascending Triangle. Selain itu, pergerakan harga juga berhasil menembus lower line, mengindikasikan jika harga masih berpotensi untuk bergerak turun.

 

Rekomendasi






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE