Menu

Optimisme Brexit Memicu Aksi Buy Sterling

Rama Anandhita

GBP/USD melanjutkan tren positifnya, dan diperkirakan masih bergerak bullish ke sekitar level tertingginya pada bulan Januari.

Analisa Fundamental

Sterling kembali memperpanjang tren positifnya setelah beredar berita bahwa Perdana Menteri Inggris Theresa May berhasil mendapatkan sebuah jaminan dari Uni Eropa mengenai rencana Brexit-nya.

Sejalan dengan berita tersebut, David Lidington juga menyatakan bahwa May telah berhasil mendapatkan "perubahan yang mengikat secara hukum", yang mana hal tersebut akan "memperkuat dan meningkatkan" kesepakatan Brexit antara Inggris dan Uni Eropa. Selain itu, May juga memberikan pernyataan bahwa "sekarang adalah saatnya untuk bersatu, untuk mendukung kesepakatan Brexit yang lebih baik ini, serta untuk memenuhi instruksi rakyat Inggris".

Beredarnya kabar positif mengenai proses Brexit yang penuh drama pada beberapa bulan ini, memberikan secercah harapan bahwa May masih berpeluang mendapatkan persetujuan dari parlemen sebelum 29 Maret mendatang.

 

Analisa Teknikal

Sempat naik hingga mendekati level tertinggi bulan Februari, pasangan mata uang GBP/USD dilanda aksi profit-taking investor menjelang penutupan perdagangan sesi Asia hari ini (12/Maret), di mana pergerakan harga pada saat ini tengah kembali terkoreksi, tapi diperkirakan masih berpotensi untuk kembali bullish.

 

Rekomendasi






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE