Menu

Outlook EUR/USD dan GBP/USD Jelang Rilis Inflasi AS

Buge Satrio

Euro masih terlihat sideways di lintasan Ascending Triangle sejauh ini. Sementara itu, Pound berisiko melanjutkan upswing menuju resistance Daily terdekat.

EUR/USD dan GBP/USD memiliki outlook jangka pendek/menengah yang berbeda. EUR/USD terlihat sideways, sedangkan GBP/USD melaju kencang setelah membentuk Three White Soldiers dari area support. Hal ini sepintas mengherankan, tetapi sebenarnya wajar jika kita menengok sejenak cross pair EUR/GBP yang cenderung negatif dalam bias Daily.

Saat ini, pasar tengah menanti data inflasi AS yang akan dirilis malam nanti (WIB). Data tersebut diperkirakan berdampak tinggi mempengaruhi sentimen. Ini karena investor membutuhkan informasi susulan yang bisa mendukung rencana pengetatan kebijakan moneter Federal Reserve. USD berisiko kembali mendominasi perdagangan versus mata uang utama lainnya, jika data inflasi AS sesuai atau melebihi ekspektasi.

 

EUR/USD: Sideways Di Lintasan Ascending Triangle

Bias jangka pendek/menengah cenderung netral. Ini karena harga berada di atas Kijun-sen Daily, namun masih dibatasi Cloud/Kumo Ichimoku. Harga juga sedang bergerak di lintasan Ascending Triangle yang menunjukkan kehati-hatian investor sambil menunggu katalis penting berikutnya.

EUR/USD membutuhkan akselerasi atau penutupan candlestick Daily setidaknya di atas 1.1385 untuk mengkonfirmasi Triangle Breakout. Pada skenario ini, harga berisiko upswing menuju 1.1437 (flat Senkou-span B) hingga 1.1522 (Low 12 Oktober 2021).

Sebaliknya pada sisi downside, penutupan candlestick Daily di bawah 1.1271 akan berisiko downswing untuk mengancam area 1.1221 (Low 15 Desember 2021) hingga 1.1184 (Low 24 November 2021).

 

GBP/USD: Melaju Positif pasca Three White Soldiers

Dalam banyak kasus, candle pattern Three White Soldiers tidak bisa dianggap remeh, apalagi jika terbentuk nyaris sempurna dan berangkat dari area support.

Untuk sementara, momentum bullish skala Daily masih valid selama GBP/USD diperdagangkan di atas turning line Tenkan-sen (1.3539). Sehingga, resistance terdekat 1.3751 (High 23 September 2021) berada di bawah ancaman. Tapi barangkali kita juga harus mewaspadai koreksi atau respons sellers dari area ini, lantaran harga yang sudah terbentang cukup jauh dari level keseimbangan Kijun-sen Daily (sekarang di 1.3403).

Pada sisi downside, penutupan candlestick Daily di bawah 1.3539 juga layak diantisipasi. Barangkali kita masih akan melihat harga terkoreksi mengancam support terdekat 1.3463 (High 18 November 2021) untuk berhadapan dengan 1.3403 (Kijun-sen Daily). Di sisi lain, penurunan harga menuju 1.3403 juga bisa menjadi peluang untuk mencari posisi buy dalam portofolio jangka pendek hingga menengah.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE