Menu

Outlook EUR/USD Jelang Data PMI Zona Euro Dan AS

Buge Satrio

Berada pada kondisi yang sangat oversold, data PMI bisa menjadi katalis penting untuk menentukan arah pergerakan EUR/USD selanjutnya.

Meski sempat berupaya recovery pada perdagangan kemarin, Euro kembali merosot terhadap Dolar AS, melengkapi penurunan yang hampir tanpa jeda dalam 15 hari terakhir. Menjelang data PMI Zona Euro dan AS yang akan menjadi katalis penting hari ini (21/Februari), kondisi teknikal dari indikator RSI yang sangat oversold pada time frame Daily layak untuk diwaspadai dan tidak dapat diabaikan. Kondisi ini meningkatkan risiko terjadinya koreksi, atau malah reversal.

Selain RSI, price action yang membentuk Outside Bar juga tidak dapat dianggap sepele. Histori menunjukkan bahwa candle pattern tersebut pernah muncul beberapa kali, baik saat RSI bergerak memasuki atau mendekati teritori oversold .

Untuk perdagangan intraday, saya memilih wait and see menunggu rilis data PMI dan baru akan memprioritaskan posisi buy apabila EUR/USD diperdagangkan di atas level kijun-sen H4 (sekarang di 1.0812). Namun untuk swing trade jangka pendek-menengah (target 70-150 pips), Outside Bar memang bisa menawarkan risiko yang terukur (SL 50-70 pips). Level 1.0819 menjadi fokus untuk skenario ini dengan SL beberapa pips di bawah 1.0775.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE