Menu

Outlook GBP/USD 5 Oktober: Inside Bar Di Level Bottom Jelang Sesi Eropa

Buge Satrio

Hari ini kita akan kembali berhadapan dengan data Inggris berikutnya (Services PMI) dan secara keseluruhan market tetap fokus mengantisipasi data NFP (Jumat 7 Oktober) untuk mencari indikasi terbaru pasar tenaga kerja AS.

Poundsterling jatuh ke level terendah 31 tahun terhadap Dolar, yang terutama dipicu oleh statement PM Inggris yang mengindikasi dimulainya proses keluarnya Inggris secara formal dari Uni Eropa pasca voting Brexit Juni yang lalu, dengan mengabaikan rilis beberapa data Inggris yang sebetulnya tidak mengecewakan, dimana data PMI di sektor manufaktur & konstruksi (3 & 4 Oktober) mencatat indeks angka melebihi perkiraan.

Hari ini kita akan kembali berhadapan dengan data Inggris berikutnya (Services PMI) dan secara keseluruhan market tetap fokus mengantisipasi data NFP (Jumat 7 Oktober) untuk mencari indikasi terbaru pasar tenaga kerja AS.

Level Teknikal

Pada time frame H1, Inside Bar terbentuk di level bottom dengan range 1.2716 - 1.2768. Sementara pada time frame H4 & Daily, kondisi oversold indikator RSI sewaktu-waktu dapat berisiko bouncing/korektif setelah tekanan bearish dalam beberapa hari berturut-turut. Tapi sebaiknya... sangat dianjurkan, untuk tidak segera mengambil risiko dengan meletakkan posisi counter atau posisi buy, entah itu untuk jangka pendek atau menengah. Mari kita perhatikan saja dulu, price action terhadap level Inside Bar tersebut.

Dalam banyak peristiwa, dominasi sentimen market tidak serta merta dapat diukur dengan indikator momentum yang mengisyaratkan kondisi oversold/overbought, apalagi jika dijadikan alasan untuk secara serampangan melakukan entri counter (yang ujung-ujungnya berakibat MC). Jika digambarkan dengan kalimat kiasan... Sebaiknya tidak menghentikan bus yang sedang melaju kencang... tunggu saja, hingga kecepatannya melambat.

Untuk sementara ini, break atau penutupan candle H1/H4 di bawah 1.2716 atau di atas 1.2768, dibutuhkan untuk mengindikasi arah pergerakan harga berikutnya, dan outlook intraday GBP/USD masih mengindikasi bearish selama harga bergerak di bawah Kijun-sen H1 (garis biru) yang sekarang berlokasi di 1.2782. Round level 1.2500 yang juga level psikologis, masih berpotensi menjadi target dalam jangka menengah (beberapa big boys masih menargetkan level tersebut, termasuk BNPP dan Morgan Stanley).






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE