Menu

Outlook Indeks Dolar Jelang Rilis Data GDP AS

Buge Satrio

Bias Daily USD masih tetap positif sejauh ini. Namun, waspadai skenario penurunan apabila konfirmasi Double Top terpenuhi.

Kita akan berhadapan dengan katalis penting pada hari ini, yakni data Gross Domestic Product (GDP) kuartal kedua AS yang akan dirilis pukul 19:30 WIB. Data ekonomi ini diperkirakan berdampak tinggi mempengaruhi pergerakan Indeks Dolar (DXY).

Sementara itu, DXY tengah berada di area resistance krusial dalam jangka menengah hingga jangka panjang. Outlook Daily DXY tetap positif sejauh ini. Breakout atau aksi beli di atas resistance akan berisiko memicu bullish continuation menuju level psikologis 110.00. Namun, ada potensi Double Top yang juga harus diwaspadai. Skenario ini akan berisiko menyeret Indeks Dolar terkoreksi untuk mendekati support dinamis kurva MA-50.

Pada grafik Daily, reli DXY yang cukup tajam dari tanggal 12 sampai 22 Agustus terhenti dan terkoreksi saat gagal menguji level resistance 109.29 (High 14 Juli). Sepertinya, pasar masih "menghormati" level tersebut, setidaknya hingga menjelang rilis data GDP AS nanti malam.

Untuk mengantisipasi skenario koreksi, kita bisa mengandalkan bantuan Fibo Retracement dengan mengambil titik-titik 104.63 (Low 10 Agustus) dan 109.27 (High 23 Agustus). Dari setup tersebut, maka konfirmasi yang dibutuhkan untuk mengantisipasi koreksi adalah penutupan candlestick Daily di bawah level 108.17 (23.6 persen retracement), seperti terlihat pada gambar di bawah ini:






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE