Menu

Outlook Teknikal Emas: Bearish Hingga Kisaran 1331

Erik Tri Cahyo

Emas bergerak bearish hingga menguji level support 1335, yang membuat bias Intraday menjadi bearish minor.

General Overview

Harga emas berjangka bergerak bearish hingga ke level 1331 pada perdagangan Jumat (20 April) kemarin. Emas bergerak melemah dan mengakhiri pekan dengan kerugian sebesar 0.8%. Dolar yang stabil dan aksi jual emas fisik membuat logam mulia turun untuk pertama kalinya dalam tiga pekan terakhir.

Dengan demikian, emas berjangka untuk pengiriman Juni telah turun sebanyak $10.50, lalu berakhir di level $1,335.30 per ons.


 

 

Analisa Dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas diperdagangkan melemah dan berakhir di area 1335 pada perdagangan Jumat (20 April) kemarin.


 

 

Emas berjangka bergerak bearish pada perdagangan kemarin. Pergerakan bearish ini berhasil membawa emas diperdagangkan hingga di bawah level support 1335, yaitu ke level 1331. Jika para seller logam kuning mampu mempertahankan harga hingga dapat stabil bergerak di bawahnya, maka besar kemungkinan emas akan semakin terkoreksi hingga level support yang lebih rendah. Oleh karena itu, melihat peluang dan potensi yang ada, maka bias intraday kali ini adalah BEARISH MINOR

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut:

  1. Skenario utama hari ini mencoba peluang Sell, dengan harapan peluang bearsih akan membawa emas menguji level support selanjutnya. Sedangkan untuk acuan berada pada support area sekitar 1329.13. Maka tunggu hingga harga bergerak di sekitar area tersebut dan melewatinya, sebelum membuka posisi Sell. Jika harga akhirnya berhasil menembus level tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal serta price action, maka peluang Sell dapat diambil. Bila skenario breakout ini valid, maka emas akan melemah kembali hingga menguji level support selanjutnya yang berada di sekitar 1322.75. Stop Loss, seperti biasa dapat diletakkan di atas swing high terdekat, atau maksimal berada di sekitar area 1335.29.

  2. Sebagai alternatif, perhatikan jika harga bergerak menguat kembali hingga menembus level 1335.29. Karena dengan demikian, emas akan mencoba bergerak bullish demi menguji level resisten selanjutnya. Maka disarankan untuk mencari peluang Buy sesaat setelah mendapatkan peluang break yang terkonfirmasi di sekitar area tersebut. Setelah penembusan terjadi, emas akan kembali ke level 1341.04. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat atau maksimal pada area sekitar 1329.13.


Selalu ingat dan pahami risiko serta money management Anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

 

 


*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE