Menu

Outlook Teknikal Jangka Menengah EUR/USD: Falling Wedge Masih Valid

Buge Satrio

Chart pattern Falling Wedge masih tetap valid dalam jangka menengah hingga jangka panjang, selama 1.0950/1.0900 sanggup bertahan membatasi penurunan.

Pekan lalu, beberapa kawan trader mampir menyapa via WA dan telegram, menanyakan tentang chart pattern jangka menengah hingga jangka panjang yang pernah saya tulis beberapa waktu lalu. Saya memang pernah menulis artikel tentang EUR/USD yang berada di jalur downtrend skala Monthly, tapi juga sekaligus bergerak dalam lintasan Falling Wedge di grafik Weekly.

Chart pattern tersebut sejauh ini tetap valid, selama harga bergerak di atas support kritis 1.0950/1.0900. Apabila terjadi spike terhadap area support itu dan harga kemudian retrace di atasnya, revisi atau update terhadap chart pattern kemungkinan besar masih akan tetap menggambarkan lintasan Falling Wedge.

Bagi kawan-kawan yang terbiasa swing trading mengandalkan pengamatan terhadap time frame Weekly hingga H4, barangkali perlu lebih waspada untuk mengantisipasi breakout Falling Wedge yang umumnya berisiko bullish.

Sementara bagi kawan-kawan yang terbiasa day trading (intraday) dan scalping, setelah melakukan pemetaan time frame Daily/H4 hingga M15 (atau malah lebih kecil dari M15), saya rasa barangkali cukup dengan memonitor aksi harga atau price action terhadap zona resistance yang terbentang di antara 1.1450-1.1550, apabila EUR/USD mulai bergerak ke area tersebut.

Saya pribadi, berdasarkan pengalaman, tentu tak akan berani menganggap remeh chart pattern Rising/Falling Wedge ini, terutama yang terbentuk dalam skala Weekly. Pasalnya, beberapa tahun lalu di sepanjang 2012-2014, EUR/USD pernah berkonsolidasi dalam lintasan Rising Wedge. Mari kita perhatikan gambar di bawah ini:






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE