Menu

Pasar Khawatirkan Rate Hike, Harga Emas Tertekan

Rama Anandhita

Harga emas berpotensi turun ke bawah level psikologis $1900 di tengah meningkatnya ekspektasi rate hike di AS, Inggris, dan Zona Euro.

Analisa Fundamental Emas

Harga emas terus tertekan bahkan hingga mendekati level psikologis $1900 per troy ons. Kondisi ini terjadi menjelang pengumuman kebijakan moneter The Fed, BoE, dan ECB pada pekan ini.

Di AS, Federal Reserve diprediksi akan memperlambat laju kenaikan suku bunga menjadi 25 bps seiring meredanya tren kenaikan inflasi. Hal tersebut juga diperkuat oleh data Core Inflation PCE yang turun ke level terendah satu tahun di bulan Desember lalu.

Sementara itu, Bank of England (BoE) dan European Central Bank (ECB) diprediksi akan menaikkan suku bunga sebesar 50 bps guna menekan inflasi lebih lanjut.

 

Analisa Teknikal Emas

Secara teknikal, harga emas pada grafik 1-jam telah diperdagangkan di bawah indikator Supertrend sejak 26 Januari. Hal ini mengindikasikan bahwa harga emas tengah berada dalam tren bearish dan berpotensi melemah lebih lanjut ke sekitar 1891.00 jika terus bertahan di bawah area Resistance 1911.00-1921.00.

 

Rekomendasi

 

Skenario Alternatif

Skenario alternatif berikut ini dapat digunakan jika harga emas berhasil menembus ke atas level 1921.00.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE