Menu

Pasca Rilis Data PMI, EUR/USD Masih Berisiko Bullish

Buge Satrio

Sempat melemah, EUR/USD berbalik menguat setelah rilis data PMI Zona Euro dan AS. Outlook dalam jangka pendek sejauh ini masih bertendensi bullish.

Data PMI Zona Euro tidak terlalu mengecewakan. Aktivitas bisnis di sektor manufaktur masih berkontraksi di bulan Januari, tapi membaik dari data sebelumnya. Sementara itu, aktivitas bisnis di sektor jasa mencatatkan ekspansi untuk pertama kalinya setelah terkontraksi 4 bulan berturut-turut.

Dari AS, data PMI agak mengecewakan. Sektor manufaktur dan jasa sama-sama berkontraksi di bulan Januari, meskipun membaik atau ada peningkatan ketimbang data bulan sebelumnya. Sektor jasa AS terlihat lebih mengkhawatirkan lantaran kontraksi di sektor ini terjadi 7 bulan beruntun.

 

EUR/USD Daily

Bias dalam jangka pendek tidak berubah sementara ini. Momentum bullish masih terjaga selama harga bergerak di atas level Tenkan-sen (sekarang di kisaran 1.0846).

Aksi harga atau price action sempat menunjukkan indikasi reaksi sellers pada penutupan perdagangan Senin (23/Januari) dengan terbentuknya spike upper shadow di level tertinggi 9 bulan. Tapi, Tenkan-sen yang bertindak sebagai support minor dinamis masih mampu bertahan dari aksi jual.

 

EUR/USD H1

Euro berfluktuasi lumayan tajam di time frame ini. Harga turun menembus Kijun-sen H4 (sekarang di kisaran 1.0854), tapi kemudian berbalik arah pasca data PMI AS dan kembali berisiko bullish untuk perdagangan intraday . Aksi harga tersebut membuka jalan untuk sekali lagi menguji resistance jangka menengah yang berlokasi di 1.0935 (High 21 April 2022). Ini adalah resistance penting, sehingga penembusan di atasnya akan memperbesar peluang untuk menjangkau level psikologis 1.1000.

Untuk perdagangan harian (day trading/intraday), harap selalu waspadai terbentuknya candle pattern H1 yang bisa menjadi alasan, baik untuk entri maupun exit posisi.

Masih pada time frame H1, di bawah ini kita akan melihat bagaimana Inside Bar seringkali menjadi penentu arah pergerakan harga berikutnya.

Hingga pukul 08:35 WIB pada hari ini, Rabu (25/Januari), EUR/USD naik tipis 0.06 persen di kisaran 1.0889. Adapun pada penutupan perdagangan kemarin, EUR/USD berakhir menguat 0.13 persen ke posisi 1.0882.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE