Menu

Peluang Korektif AUD Dan NZD Setelah Bullish Engulfing

Buge Satrio

Aussie dan Kiwi adalah dua mata uang yang bisa mengambil keuntungan dari melemahnya Dolar AS. Bullish Engulfing membuka peluang fase korektif setelah tekanan bearish beberapa bulan belakangan.

Aussie dan Kiwi sama-sama membukukan rebound pasca aksi jual bursa saham global (Rabu 10 Oktober) yang membebani permintaan terhadap Dolar AS.

AUD/USD ditutup menguat 0.86 persen ke posisi 0.7124 di perdagangan Kamis 11 Oktober. Sementara Kiwi berakhir menguat 1.13 persen ke posisi 0.6522 terhadap Dolar AS.

Bullish Engulfing yang terbentuk membuka peluang fase korektif setelah tekanan bearish beberapa bulan terakhir. Beberapa konfirmasi terhadap level tertentu diharapkan dapat menegaskan peluang tersebut.

 

AUD/USD

Dari grafik Daily di atas, tampak bahwa pair ini bergerak dalam lintasan Descending Channel sejak Februari 2018, yang menegaskan bias bearish dalam jangka pendek hingga menengah.

Level bottom 0.7040 sempat beberapa kali terancam untuk mengejar level psikologis 0.7000, tapi reaksi buyers juga terlihat di sana untuk membatasi penurunan yang lebih dalam.

Pasca Bullish Engulfing yang umumnya berisiko bullish dalam skala Intraday atau jangka pendek, fase korektif yang lebih tinggi masih terjaga, selama harga bergerak stabil di atas level 0.7090. Target berikutnya adalah resistance 1.7200.

Pada sisi upside, hanya break atau penutupan harga di atas 0.7300 yang berisiko menetralisir outlook bearish jangka pendek-menengah, sekaligus membuka jalan untuk mengejar resistance yang lebih tinggi.

 

NZD/USD

Agak sedikit berbeda dari AUD/USD, pasangan mata uang NZD/USD berada dalam outlook bearish sejak Maret 2018, karena terbentuk dalam lintasan yang cenderung berbentuk Falling Wedge.

Pasca Bullish Engulfing, fase korektif yang lebih tinggi tetap terjaga jika harga bergerak stabil di atas level 0.6500, untuk berhadapan dengan resistance 0.6620.

Pada sisi upside, hanya break atau penutupan harga di atas 0.6700 yang berpotensi menetralisir outlook bearish jangka pendek-menengah. Perkiraan tersebut sekaligus memperbesar peluang tercapainya resistance berikutnya di level yang lebih tinggi.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE