Menu

Pernyataan ECB Membebani EUR/USD

Rama Anandhita

EUR/USD masih berpotensi untuk bergerak bearish, terutama jika harga terus bertahan di bawah level resistance 1.13636.

Analisa Fundamental

Di akhir perdagangan sesi Asia hari Jumat (25 Januari), EUR/USD diperdagangkan naik ke level 1.1324, meskipun ECB sebelumnya memberikan peringatan terbaru terkait prospek ekonomi Eropa. Melalui pernyataan Mario Draghi semalam, ECB dikabarkan telah memperkirakan bahwa perekonomian Eropa akan tumbuh lebih lambat dari outlook sebelumnya. Mario Draghi juga mengutip faktor perlambatan ekonomi China serta Brexit sebagai beberapa hal yang menekan proyeksi ekonomi Zona Euro.

Rentetan katalis negatif terkait prospek ekonomi tersebut telah menimbulkan pertanyaan mengenai rencana kenaikan suku bunga ECB, yang sebelum ini santer diisukan bakal diterapkan pada paruh kedua 2019.

 

Analisa Teknikal

EUR/USD diperdagangkan menguat tipis, mencoba untuk bergerak ke sekitar level resistance 1.13355, meskipun secara umum pasangan mata uang ini masih berada pada tren bearish. Untuk perdagangan hari ini, EUR/USD diperkirakan masih akan bergerak bearish, terutama jika harga tidak menembus resistance 1.13636.

 

Rekomendasi

 

Catatan Penting

Waspadai pergerakan EUR/USD jika berhasil menembus level resistance 1.13636, karena ada potensi harga berbalik bergerak bullish. Untuk skenario ini, entry Buy bisa ditempatkan di sekitar level 1.13636, Take Profit di 1.14097, dan Stop Loss di 1.13355.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE