Menu

Petinggi The Fed Hawkish, Emas Berbalik Bearish

Rama Anandhita

Harga emas gagal naik lebih lanjut setelah beberapa pejabat The Fed tetap mempertahankan sikap hawkish terkait prospek suku bunga AS.

Analisa Fundamental Emas

Harga emas turun ke bawah level $1790 per troy ons, terbebani oleh aksi profit taking dan pernyataan hawkish dari para pejabat Federal Reserve.

Harga emas sempat melonjak dan menyentuh level tertinggi satu bulan pasca data inflasi AS dirilis lebih rendah dari perkiraan. Namun, sentimen pergerakan seketika berbalik turun setelah pejabat The Fed menegaskan komitmen untuk menaikkan suku bunga secara agresif guna mengendalikan inflasi.

Presiden The Fed Minneapolis, Neel Kashkari, mengatakan bahwa bank sentral berpeluang menaikkan suku bunga menjadi 3.9% pada akhir tahun dan 4.4% pada akhir tahun 2023. Senada, Presiden The Fed Chicago Charles Evans mengindikasikan tingkat suku bunga akan mencapai level 4% pada tahun depan.

 

Analisa Teknikal Emas

Harga emas gagal melanjutkan momentum positif dan berbalik turun ke bawah indikator Supertrend. Aksi jual diperkirakan masih berlanjut dan berpotensi membuat harga turun ke sekitar level 1778.00 jika emas terus tertekan di bawah area Resistance 1789.39-1795.00.

 

Rekomendasi

 

Skenario Alternatif

Skenario alternatif berikut ini dapat digunakan jika harga emas berhasil menembus ke atas level 1795.00.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE