Menu

Prospek Euro Di Tengah Melambatnya Pertumbuhan Bisnis

Rama Anandhita

Pertumbuhan bisnis Zona Euro berada dalam laju terlemahnya selama periode dua tahun terakhir. Hal ini bertepatan dengan sinyal bearish dari Outlokk teknikal Euro terhadap Yen.

Analisa Fundamental

Pertumbuhan bisnis Zona Euro melambat, disebabkan oleh perlambatan di sektor manufaktur dan industri jasa. IHS Markit’s Euro Zone Composite PMI, yang digunakan untuk mengukur tingkat kesehatan ekonomi di Zona Euro, dilaporkan turun ke level 52.7 pada bulan November, lebih rendah dari periode sebelumnya yang berada pada level 53.1. Capaian tersebut merupakan yang terendah dalam dua tahun terakhir.

Rentetan data yang pesimis memicu adanya spekulasi bahwa hal tersebut dapat mengecewakan para pembuat kebijakan ECB (European Central Bank), dalam kaitannya dengan rencana mereka untuk segera mengakhiri program pembelian aset senilai 2.6 triliun Euro pada akhir tahun ini.

 

Analisa Teknikal

Secara teknikal, pergerakan EUR/JPY dalam grafik 4 jam cenderung berkonsolidasi di sekitar area 128.000. Namun, pergerakan harga terlihat membentuk sebuah pola Ascending Triangle dan berhasil menembus lower line. Hal ini mengindikasikan bahwa harga berpotensi untuk bergerak bearish.

 

Rekomendasi






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE