Menu

RBA Siap Mengguncang Dolar Australia

ACY

Jelang pengumuman suku bunga RBA, mata uang Australia diprediksikan melemah, tapi hanya dalam kisaran terbatas. Bagaimana bisa? Ikuti ulasannya di bawah ini.

Bank Sentral Australia diyakini akan memotong suku bunga acuan sebesar 0.25% pada rapat kebijakan hari ini. Prospek Rate Cut tersebut sudah mencapai 80%. Analis ACY memprediksikan bahwa AUD/USD akan melemah tipis menjelang pengumuman suku bunga RBA, sebelum bertumpu pada area 0.6720 atau 0.6700 untuk memulai kenaikan. Meskipun demikian, proyeksi AUD/USD sepenuhnya akan bergantung pada statement RBA pasca pengumuman suku bunga acuan.

Mengenai hal ini, ACY menilai masih ada peluang bagi RBA untuk menurunkan sentimen dovish-nya, sehingga aksi beli akan bermunculan tak lama setelah AUD/USD menurun sesuai estimasi di atas.

Apabila prediksi tersebut benar terealisasi, sebaiknya awasi ayunan penurunan harga yang kemudian akan berbalik menguat menuju kisaran 0.68. Dengan demikian, order Buy Limit bisa menjadi pilihan ideal bagi trader AUD/USD hari ini.

Dengan rilis data Building Approvals Australia yang lebih rendah dari ekspektasi, skenario trading di atas pun semakin terdukung. ACY menyarankan untuk menunggu sampai ada pergerakan turun lebih lanjut dari AUD usai statement RBA, sebelum memasang order beli dari pair AUD/USD. Meski demikian, selalu ingat bahwa minggu ini akan ada rilis data Payroll dari AS, sehingga fluktuasi Dolar Australia terhadap USD akan relatif tertahan di antara 0.6700 dan 0.6820.

Russell Sandiford
Chief Market Analyst
ACY Securities (Sydney)

 


ACY adalah broker asal Australia yang telah memiliki ijin dari Australian Securities and Investments Commission (ASIC) dan menyediakan berbagai macam instrumen trading seperti Forex, Indeks, Metal, dan Komoditas. ACY dikenal luas berkat program Edukasi, Loyalty, dan Promosi yang menarik.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE