Menu

Reli Dolar Membuat Harga Emas Turun Lebih Lanjut

Rama Anandhita

Berlanjutnya reli Dolar AS membuat harga emas terus turun menjauhi level psikologis 1900. Tren penurunan ini diperkirakan berlanjut hingga 1865.000.

Analisa Fundamental Emas

Harga emas menyentuh level terendah dua bulan seiring terus berlanjutnya reli Dolar AS. Indeks Dolar menyentuh level tertinggi sejak Januari 2017, dipicu oleh outlook hawkish The Fed yang lebih signifikan dibanding bank sentral lainnya.

Selain itu, aksi beli mata uang safe haven juga menjadi katalis. Hal ini sehubungan dengan meningkatnya kekhawatiran terhadap prospek pertumbuhan ekonomi di China dan Eropa. Investor resah jika lockdown di Shanghai juga akan diterapkan di beberapa kota lainnya. Sementara itu, langkah Rusia untuk memangkas pasokan gas ke Bulgaria dan Polandia meningkatkan potensi krisis energi di Eropa.

 

Analisa Teknikal Emas

Harga emas masih bertahan di bawah indikator Supertrend yang mengindikasikan jika logam mulia berada dalam tren bearish. Penurunan diperkirakan masih akan berlanjut hingga level 1865.000, terutama jika harga terus bertahan di bawah area 1883.090-1892.000.

 

Rekomendasi

 

Skenario Alternatif

Skenario alternatif berikut ini dapat digunakan jika harga emas berhasil menembus ke atas level 1892.000.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE