Menu

Rilis Data Upah AS Hentikan Sentimen Negatif Emas

Rama Anandhita

Data pertumbuhan upah AS yang mengecewakan membuat harga emas berbalik menguat, dan diperkirakan akan bergerak naik ke atas level 1296 dalam jangka pendek.

Analisa Fundamental

Data Non Farm Payrolls AS yang dirilis Jumat (5/April) kemarin membuat harga emas sempat diperdagangkan tertekan hingga menyentuh level $1284, sebelum akhirnya kembali bergerak naik ke atas level $1291 akibat rendahnya pertumbuhan upah.

Menurut data yang dirilis Departemen Tenaga Kerja AS, data Non Farm Payrolls AS untuk periode Maret berhasil melompat ke angka 196k, jauh lebih baik dari periode sebelumnya yang direvisi naik menjadi 33k.

Akan tetapi, tingkat pertumbuhan upah hanya tumbuh 0.1%, meleset dari ekspektasi pasar dan semakin memperkuat spekulasi mengenai masa depan kebijakan moneter The Fed selanjutnya yang cenderung dovish. Ditambah lagi, Presiden AS Donald Trump kembali melontarkan kritiknya terhadap kebijakan The Fed.

 

Analisa Teknikal

Pergerakan harga emas dalam jangka pendek diperkirakan naik ke sekitar level Resistance $1296.45 setelah pada perdagangan sebelumnya gagal menembus level Support $1280.

 

Rekomendasi






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE