Menu

Tensi Geopolitik Memanas, Harga Emas Kian Perkasa

Rama Anandhita

Harga emas tengah mencoba naik ke sekitar level psikologis 1800 menyusul konflik Rusia-Ukraina yang berpotensi semakin meluas.

Analisa Fundamental Emas

Harga emas tergelincir ke sekitar level 1770 setelah investor melakukan aksi profit taking. Akan tetapi, konflik geopolitik di Eropa yang kembali memanas berpotensi memulihkan kenaikan emas.

Rudal buatan Rusia dikabarkan menghantam wilayah Polandia dan menewaskan dua warga sipil. Meskipun demikian, pihak yang menembakkan rudal tersebut masih belum diketahui. Mengingat posisi Polandia sebagai anggota NATO, insiden ini dikhawatirkan dapat memicu keterlibatan pasukan NATO di kemudian hari.

Sementara itu, data PPI AS yang lebih rendah dari perkiraan mendukung ekspektasi bahwa The Fed akan berubah menjadi kurang agresif. Meskipun demikian, para pejabat The Fed memperingatkan bahwa masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengendalikan inflasi.

 

Analisa Teknikal Emas

Aksi beli yang berlanjut membuat harga emas kian mendekati level psikologis 1800. Harga untuk saat ini terus bertahan di atas indikator Supertrend. Tren positif diperkirakan berlanjut ke sekitar 1787 jika area Support 1776.50-1772.93 tidak terpenetrasi.

 

Rekomendasi

 

Skenario Alternatif

Skenario alternatif berikut ini dapat digunakan jika harga emas berhasil menembus ke bawah level 1766.00.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE