Menu

The Fed Masih Hawkish, Emas Dibayangi Aksi Jual

Rama Anandhita

Harga emas kembali tertekan dan berpotensi untuk bergerak turun lebih lanjut ke sekitar level 1631.00 setelah pengumuman FOMC terbaru.

Analisa Fundamental Emas

Harga emas turun ke bawah level $1640 per troy ons setelah Federal Reserve menyampaikan pernyataan yang lebih hawkish dari ekspektasi pasar. Setelah menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin untuk keempat kalinya secara berturut-turut, Ketua The Fed Jerome Powell memberikan sinyal bahwa The Fed masih akan meningkatkan suku bunga lebih lanjut. Ia mengatakan bahwa saat ini "terlalu dini untuk membahas jeda" dalam kenaikan suku bunga.

Meskipun demikian, Powell menambahkan bahwa laju rae hike yang lebih lambat akan segera menjadi langkah yang tepat.

Setelah The Fed, Bank of England (BoE) juga diprediksi akan menaikkan suku bunga 75 basis poin pada hari ini, kemudian mengurangi sikap hawkish seiring dengan meningkatnya risiko resesi.

 

Analisa Teknikal Emas

Sempat naik ke sekitar $1970, harga emas tampaknya gagal untuk melanjutkan tren positif. Sebaliknya, harga kembali turun ke bawah indikator Supertrend yang mengindikasikan tren bearish. Dalam jangka pendek, emas diperkirakan masih berpotensi turun ke sekitar level 1631.00 jika terus bertahan di bawah area 1638.37-1642.00.

 

Rekomendasi

 

Skenario Alternatif

Skenario alternatif berikut ini dapat digunakan jika harga emas berhasil menembus ke atas level 1642.00.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE