Menu

Ulasan Saham 25 Februari: Menu Trading Saham Hari Ini

Aditya Putra

Bagaimana pergerakan indeks di awal pekan ini? sektor-sektor apa yang patut menjadi perhatian investor? Tidak lupa saham-saham menarik kami lainnya.

IHSG View

Investor melakukan aksi jual di akhir pekan menjelang berita-berita pertemuan AS-China dalam membahas negosiasi perdagangan kedepan. Spekulasi dan harapan yang berlarut-larut membuat investor tidak memiliki harapan selain merealisasikan sebagian keuntungannya di akhir pekan lalu. IHSG turun 0.56% pada hari Jumat (22/02).

Beberapa sektor yang mendukung penurunan IHSG bisa lihat di bawah ini:

  1. Industri Dasar -1.66%
  2. Properti -0.86%
  3. Keuangan -0.69%

 

Macro View

Hasil kajian International Monetary Fund (IMF) menunjukkan, Indonesia akan menempati peringkat enam dunia negara dengan ekonomi terbesar pada 2023 nanti. Dalam empat tahun ke depan, lembaga keuangan ini memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi negara kita bisa mencapai 5.4%, dengan pangsa pasar 2.8% dan produk domestik bruto (PDB) per kapita sebesar US$ 5,120.

 

Komentar: Minim Sentimen di Awal Pekan, Harga Komoditas Masih Meningkat

Di awal pekan ini investor masih mencari sinyal yang dapat digunakan dalam trading sepekan, kenaikan harga komoditas yang masih berlangsung seperti (harga minyak, timah dan emas) bisa menjadi fokus trading per saham. Sementara kondisi eksternal cukup di untungkan dengan negosiasi perdagangan yang cukup lancar oleh AS-China. Kami melihat sektor pertambangan saat ini dalam jangka pendek cukup bullish di ikuti oleh sektor perdagangan yang juga bullish.

Pekan ini ada beberapa hal yang patut menjadi perhatian investor, seperti: deadline negosiasi perdagangan antara AS-China, testimoni ketua The Fed, pertumbuhan PDB AS di kuartal-IV tahun lalu, kenaikan harga komoditas dunia dan data makro domestik di awal bulan seperti inflasi.

 

Teknikal

Indeks masih bertahan di level uji Resistance-nya, harga berada di atas MA5 dan MA20. RSI 45% dengan kecenderungan menembus double top sangat terbuka. Saat ini berada di Upper Band secara Bollinger Band.

Jakarta Composite Index Snapshot

Range IHSG: 6,450-6,552

Prediksi: Bearish

 

Saham-Saham Pilihan

1. ACES (Ace Hardware)

Last price: 1,810

MACD Golden Cross dan membentuk Higher High Support, Strong Bullish jangka pendek. RSI 56.5% (belum jenuh beli).

Action: Buy

 

2. ANTM (Aneka Tambang)

Last price: 1,055

MACD Golden Cross dan harga mampu bertahan di support channel-nya. Berada di upper band bollinger band. RSI 60%.

Action: Hold

 

3. BBRI (Bank Rakyat Indonesia)

Last price: 3,900

Harga mulai berupaya untuk kembali Rebound. Bertahan di Support Channel. RSI 47.6%. Belum terlihat adanya reversal selama tren konsolidasinya dalam sebulan terakhir.

Action: Trading Buy

 

4. TPIA (Chandra Asri Petrochemical)

Last price: 5,550

Harga bergerak menjauhi support channel dan MACD berpotensi untuk Golden Cross. Harga di tradingkan di atas MA5 serta MA20. Reversal Bullish.

Action: Hold






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE