Menu

Ulasan Saham 28 Februari: Menu Trading Saham Hari Ini

Aditya Putra

Potensi perang antara India dan Pakistan membuat pasar saham regional terkoreksi, tidak terkecuali Indonesia. Bagaimana dengan IHSG? Simak pula saham pilihan kami lainnya.

IHSG View

Investor kemarin tidak memiliki cukup clue untuk melihat potensi indeks naik, akhirnya beberapa kali terjadi profit taking dan membuat indeks terus turun. Minimnya sentimen positif harian membuat indeks gagal bertahan di level positifnya kemarin. IHSG turun -0.23% pada Kamis (28/02).

Beberapa sektor yang mendorong penurunan IHSG bisa lihat di bawah ini:

  1. Pertanian -1.34%
  2. Perdagangan dan Jasa -0.59%
  3. Keuangan -0.39%

 

Macro View

Pemerintah tengah berupaya menggenjot pertumbuhan industri di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai tersebut adalah mendorong peningkatan produktivitas di segala lini. Untuk meningkatkan produktivitas, pemerintah sudah melakukan berbagai intervensi dalam berbagai level. Mulai dari masalah infrastruktur, pendidikan, kesehatan, kemudahan berbisnis dan berbagai hal lainnya.

 

Komentar: Menunggu Data Makro Awal Bulan, Tensi India-Pakistan

Update: terjadi tensi yang cukup tinggi antara India dan Pakistan, ketegangan ini dipicu oleh kekuatan nuklir antar kedua negara dan pada akhirnya memicu kekhawatiran tentang kemungkinan pecahnya perang di Asia Selatan. Hari ini indeks di sesi I telah turun -1.12%. hal ini telah kami mention di atas, jika tidak ada sentimen positif maka berita negatif seperti ini akan langsung di respond negatif oleh investor.

 

Teknikal

Indeks kembali gagal konfirmasi laju Bullish-nya, hal ini akan cukup berpengaruh dengan peluang indeks untuk bertahan di level 6,500an, optimisme investor yang meredup akan membuat indeks turun melewati garis ma20 di jangka pendeknya (6,485).

Jakarta Composite Index Snapshot

Range IHSG: 6,480-6,540

Prediksi: Bearish

 

Saham-Saham Pilihan

1. WIKA (Wijaya Karya)

Last price: 1,825

MACD berhasil Golden Cross dan MA5 berhasil memotong ke atas MA20. Short term Bullish, RSI 48.5%.

Action: Hold

 

2. GIAA (Garuda Indonesia)

Last price: 520

MACD Golden Cross, diikuti oleh volume beli yang tinggi dalam sebelum terakhir. RSI 54.7%. Short term Bullish dan harga berada di Upper Band Bollinger Band.

Action: Hold

 

3. CTRA (Ciputra Development)

Last price: 910

Mulai kembali terlihat rebound, RSI 40.6% dan harga bergerak di atas MA5 dengan potensi mengarah ke area MA50 dan MA200. Terlihat Bullish reversal.

Action: Trading Buy

 

4. LPKR (Lippo Karawaci)

Last price: 290

Candle membentuk white marubozu, Perlahan membentuk Higher High Support, dan MACD berpeluang Golden Cross. Volume beli cukup tinggi. RSI 42.4%.

Action: Hold






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE