Menu

Upswing Emas Tertahan Kijun Daily, Evening Star Terbentuk

Buge Satrio

Pola Evening Star umumnya berisiko bearish dalam satu hingga beberapa candlestick berikutnya. Prospek downswing emas membutuhkan pengamatan terhadap level Tenkan-sen Daily.

Emas spot kehilangan tenaga untuk melanjutkan upswing jangka pendek/menengah setelah sempat berupaya mempertahankan posisi di atas level keseimbangan Kijun-sen Daily (sekarang di 1826.74). Sellers merespons cukup kuat dari area tersebut sehingga kemudian menyeret harga emas turun menyentuh Tenkan-sen (sekarang di 1812.04).

Pada grafik Daily di atas, outlook jangka pendek hingga menengah sejauh ini masih cenderung negatif secara keseluruhan. Padahal, harga emas sempat bertahan di atas Tenkan-sen dalam lebih dari 2 pekan terakhir dan memasuki Cloud/Kumo Ichimoku untuk mengancam Kijun-sen Daily.

Sementara itu, candle pattern Evening Star yang terbentuk dalam 3 hari perdagangan terakhir mencerminkan reaksi sellers yang umumnya masih akan berisiko bearish pada satu hingga beberapa candlestick berikutnya. Level Tenkan-sen menjadi fokus jangka pendek/menengah untuk skenario ini. Artinya, potensi downswing/bearish masih akan terjaga selama candlestick Daily menutup posisi di bawah Tenkan-sen.

Informasi di bawah ini adalah catatan tambahan, mengingat posisi level ekuilibrium Kijun-sen Daily di awal bulan hampir selalu berhimpitan atau berdekatan dengan Pivot Monthly (Fibo Retracement). Anda bisa memanfaatkannya sebagai target-target swing trade .

Level-level Fibo Retracement Monthly:






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE